" Sebuah Catatan Kehidupan

SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN

SELAMAT DATANG - WELCOME - SUGENG RAWUH - WILLKOMMEN - ترحيب

Contoh Surat Pakta Integritas antara Kepala Sekolah dengan Kepala Dinas

PAKTA INTEGRITAS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : MURTINAH, S.Pd.SD
NIP : 196302179983072009
Jabatan : Kepala SD Karangtalun, UPT PPD Kecamatan Imogiri

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya berkomitmen untuk :
1. Menanam budi pekerti kepada para siswa, guna membangun karakter bangsa;
2. Melaksanakan gerakan literasi sekolah, menuju budaya Indonesia membaca;
3. Menumbuhkan iklim sekolah yang aman, nyaman dan menyenangkan;
4. Mewujudkan sekolah berbasis budaya guna memperkuat Jogjakarta Istimewa; dan
5. Mengembangkan tradisi berprestasi menuju Bantul Sehat, Cerdas dan sejahtera.

Demikian pernyataan ini saya buat, apabila dikemudian hari saya tidak memenuhi hal tersebut diatas, saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul dan Pemerintah Kabupaten Bantul.



                                                                                          Bantul. 1 September 2016
Mengetahui                                                                        Yang Membuat Pernyataan
Kepala Dinas



Drs. TITOK SADERMO, M.Pd.                                            MURTINAH, S.Pd.SD
NIP. 195705151078081007                                               NIP. 196302179983072009

Keterangan: Nama dan NIP yang ada diatas bukan yang sebenarnya. Jangan lupa menambahkan kop surat diatasnya bila anda ingin menyalin.

Petunjuk Pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik Kurikulum 13 dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

PETUNJUK PENGISIAN
LAPORAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
SEKOLAH DASAR

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH DASAR
JAKARTA 2017

PETUNJUK PENGISIAN
LAPORAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
SEKOLAH DASAR

A. COVER LUAR
1. Diisi nama lengkap peserta didik sesuai dengan bukti kelahiran (dengan huruf kapital)
2. Diisi nomor induk peserta didik

B. COVER DALAM
1. Nama SD : Diisi nama SD secara lengkap
2. NSS : Diisi nomor statistik sekolah
3. Alamat SD : Alamat lengkap seperti, nama jalan, nomor, kodepos dan telepon
4. Desa/Kelurahan : Cukup jelas
5. Kecamatan : Cukup jelas
6. Kabupaten/Kota : Cukup jelas
7. Provinsi : Cukup jelas

C. HALAMAN IDENTITAS PESERTA DIDIK
1. Nama peserta didik : Diisi nama peserta didik sesuai dengan bukti kelahiran
2. Nomor induk : Cukup jelas
3. Tempat, Tanggal lahir: Diisi nama tempat, tanggal, bulan, dan tahun kelahiran sesuai dengan bukti kelahiran*
4. Jenis Kelamin : Cukup jelas
5. Agama : Diisi agama yang dianut peserta didik
6. Pendidikan sebelumnya: Misalnya TK……………..( kalau tidak berasal dari TK,dikosongkan )
7. Alamat Peserta Didik : Sesuai dengan tempat tinggal peserta didik
8. Nama Orangtua
a. Ayah : Diisi nama ayah
b. Ibu : Diisi nama ibu
9. Pekerjaan Orangtua
a. Ayah : Cukup jelas
b. Ibu : Cukup jelas

10. Alamat Orangtua : Alamat lengkap seperti, nama jalan, nomor, kodepos dan telepon
11. Wali Peserta Didik
a. Nama : Diisi nama lengkap wali (jika ada)
b. Pekerjaan : Cukup jelas
c. Alamat : Cukup jelas
12. Kolom Pas Photo : Ditempel pas photo ukuran 3x4 cm terbaru peserta didik (saat diterima di SD) hitam putih atau berwarna ,wajah tampak jelas dari depan,
13. Kolom tanggal : Diisi tempat, bulan, dan tahun pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik SD
14. Kolom Kepala SD : Diisi tanda tangan Kepala SD, nama lengkap, NIP (bagi PNS) dan stempel SD

*) bukti kelahiran dapat berupa Akte Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir

D. HALAMAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
1. Nama Peserta Didik : Cukup jelas
2. Nomor Induk : Cukup jelas
3. Nama Sekolah : Cukup jelas
4. Alamat Sekolah : Cukup jelas
5. Kelas : Cukup jelas
6. Semester : Cukup jelas
7. Tahun Pelajaran : Cukup jelas
8. Kolom Penilaian
A. Pengetahuan
Pada kolom sebelah kiri sudah terisi”integrasi kompetensi inti (KI 3)” untuk kelas I sampai dengan kelas VI. Pada kolom catatan Diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait kemampuan anak dalam tiap muatan pelajaran dan apa yang perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya.
Hal-hal yang menonjol yang akan dituliskan dalam catatan ini, dapat diambil dari Kompetensi Dasar (KD) KI 3 pada masing-masing mutan pelajaran yang dipandang lebih menonjol dibandingkan KD lainnya.

B. Keterampilan
Pada kolom sebelah kiri sudah terisi”integrasi kompetensi inti (KI 4)” untuk kelas I sampai dengan kelas VI. Pada kolom catatan Diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol dan apa yang perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya..
Hal-hal yang menonjol yang akan dituliskan dalam catatan ini, dapat diambil dari Kompetensi Dasar (KD) KI 4 pada masing-masing mutan pelajaran yang dipandang lebih menonjol dibandingkan KD lainnya.

C. Sikap
Pada kolom sebelah kiri sudah terisi”integrasi kompetensi inti (KI 1) dan KI 2” untuk kelas I sampai dengan kelas VI. Pada kolom catatan diisi oleh guru dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol dan apa yang perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya.
Hal-hal yang menonjol yang akan dituliskan dalam catatan ini, dapat diambil dari Kompetensi Dasar (KD) KI 1 dan KI 2 pada masing-masing mutan pelajaran yang dipandang lebih menonjol dibandingkan KD lainnya.

9. Perkembangan Fisik/Kesehatan
A. Perkembangan Fisik/Kesehatan
No Aspek Yang Dinilai Semester 1 2

1 Tinggi Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 1 Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 2
2 Berat Badan Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 1 Diisi sesuai hasil pengukuran pada semester 2

B. Kondisi Kesehatan

No Aspek Fisik Keterangan
1. Pendengaran Diisi sesuai hasil pemeriksaan
2. Penglihatan Diisi sesuai hasil pemeriksaan
3. Gigi Diisi sesuai hasil pemeriksaan
4. Lainnya
(diisi jika ada aspek/kondisi kesehatan lainnya) Diisi sesuai hasil pemeriksaan

C. Catatan Prestasi

No Jenis Prestasi Keterangan

Diisi dengan jenis prestasi akademik yang relevan, baik di tingkat kelas, sekolah, kabupaten/Kota maupun yang lebih tinggi. Diisi dengan keterangan level, waktu, dan tempat pelaksnaaan dan atau penyelenggara kegiatan

10. Kehadiran : Diisi jumlah hari ketidakhadiran peserta didik
berdasarkan izin, sakit, dan tanpa keterangan.
(contoh: izin 2 hari, sakit 3 hari)

11. Kolom tanggal : Diisi sesuai dengan tempat, tanggal, bulan, dan tahun
pada saat pengisian Laporan Hasil Belajar Peserta Didik
SD. Contoh: Jakarta, 18 Desember 2013
12. Tanda tangan
a. Orangtua/Wali : Cukup jelas
b. Guru Kelas : Cukup jelas
c. Kepala Sekolah : Cukup jelas

E. KOLOM KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
1. SEKOLAH LAMA
a. Nama Peserta Didik : Cukup jelas
b. Tanggal : Diisi tanggal keluar
c. Kelas yang ditinggalkan : Cukup jelas
d. Sebab-sebab keluar : Cukup jelas
e. Tanda tangan Kepala Sekolah : Cukup jelas
Stempel sekolah dan tanda tangan
Orangtua
2. SEKOLAH BARU
a. Nama Peserta Didik : Cukup jelas
b. Nomor Induk : Diisi nomor induk di sekolah baru
c. Nama Sekolah : Cukup jelas
d. Tanggal masuk : Cukup jelas
e. Kelas : Cukup jelas
f. Tahun Pelajaran : Cukup jelas
g. Tanda tangan Kepala Sekolah : Cukup jelas


Demikian Sahabat Pendidikan, petunjuk lengkap tentang cara pengisian Laporan hasil belajar atau rapor untuk Kurikulum 13. Semoga bermanfaat.

Cerita Pendek tentang seekor Angsa dan Telur Emas

Ini adalah sebuah contoh cerita pendek tentang seekor angsa dan telur emas.

Dahulu kala, ada seorang petani yang memiliki seekor angsa yang sangatlah cantik, dimana setiap hari ketika petani tersebut mendatangi kandang angsa, sang Angsa telah menelurkan sebuah telur emas yang berkilauan.
Petani tersebut mengambil dan membawa telur-telur emas tersebut ke pasar dan menjualnya sehingga dalam waktu yang singkat petani tersebut mulai menjadi kaya. Tetapi tidak lama kemudian keserakahan dan ketidak-sabaran petani itu terhadap sang Angsa muncul karena sang Angsa hanya memberikan sebuah telur setiap hari. Sang Petani merasa dia tidak akan cepat menjadi kaya dengan cara begitu.
Suatu hari, setelah menghitung uangnya, sebuah gagasan muncul di kepala petani, gagasan bahwa dia akan mendapatkan semua telur emas sang Angsa sekaligus dengan cara memotong sang Angsa. Tetapi ketika gagasan tersebut dilaksanakan, tidak ada sebuah telur yang dapat dia temukan, dan angsanya yang sangat berharga terlanjur mati dipotong.

Contoh Surat Keterangan NISN bagi siswa yang lulus atau untuk keperluan lain

 KOP SURAT

SURAT KETERANGAN

Nomor : 090 / SD HRSKL/ ATAMBUA/ II / 2017

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap : Dra. PUTERI MALU

NIP : 19651128 198709 2 000

Pangkat/Gol : Pembina/ IVa

Jabatan : Kepala Sekolah

Unit Kerja : SD HARUM BENER

Menerangkan bahwa :

Nama : HANUNG BRAMANTANA

Nomor Induk : 4264

Telah memiliki NISN dengan Nomor ..................

Untuk file selengkapnya dapat anda download DISINI

Contoh Soal Latihan Ujian Sekolah Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar (SD)

Sahabat pendidikan, ini adalah salah satu contoh soal ujian sekolah yang kami sajikan untuk anda yang sedang mempersiapkan latihan untuk ujian sekolah tahun ini.

1.Dita memiliki nomor telepon rumah 437256 tinggal di Solo. Dia akan ditelepon oleh Siska dari Yogyakarta menggunakan nomor telepon 379283.
Siska menelepon Dita dengan nomor ... .
A.0274-437256
B.0271-437256
C.0274-379283
D.0271-379283

2.
Teks I
Pukul 02.05 WIB kemarin, sebuah Anjungan Tunai Mandiri ( ATM ) dibakar pelaku tidak dikenali. Akibat aksi tersebut gerai ATM meledak hingga terpental hingga sejauh 10m.
Teks II
Seorang laki-laki nekat membakar Anjungan Tunai Mandiri ( ATM ). Kejadian itu tepat pukul 02.00 WIB dini hari. Akibatnya gerai ATM meledak namun tidak ada korban jiwa.
Persamaan kedua teks tersebut adalah ... .
A.Waktu kejadian
B.Objek yang dibakar
C.Korban peristiwa tersebut
D.Gambaran terjadinya ledakan

3. Pergi ke pasar membeli gitar
Membeli gitar di toko depan
Rajin-rajinlah belajar
Agar bermanfaat bagi masa depan
Pesan pantun tersebut adalah ... .
A.Jika kita rajin belajar akan bermanfaat untuk masa depan.
B.Kita harus rajin belajar untuk masa depan.
C.Kita rajin belajarsupaya bermanfaat.
D.Rajinlah belajar agar sukses.

Untuk lebih lengkapnya, contoh soal dapat anda unduh DISINI

Ads By Google

ADVERTISEMENT