Aplikasi dapodik adalah software pendidikan yang merupakan kolaborasi input pokok data pendidikan menyeluruh terhadap satuan pendidikan formal. Aplikasi dapodik dibuat untuk menyediakan data update terbaru pada satuan pendidikan tertentu.
Aplikasi dapodik dirilis oleh kemendikbud dan versinya selalu diperbaharui setiap satu semester. Lalu apa saja isi dari dapodik tersebut?.
Isi dari dapodik meliputi segala informasi pokok yang ada dalam satuan pendidikan. Sebagai contoh sebuah Sekolah Dasar A melakukan aktivasi dapodik melalui aplikasi unduhan dari Kemendikbid. Lalu operator yang ditunjuk menginputkan data demi data. Data secara rinci adalah:
- Data profil sekolah meliputi semua informasi yang berkenaan dengan keadaan dan identitas sekolah, mulai nama sekolah, nomor NPSN, jenjang pendidikan, status sekolah dan tahun berdiri. Selain itu data pokok lainnya adalah lokasi sekolah, SK pendirian, Akreditasi, No rek. BOS, nomor telephone, e-mail dan website. Selain itu terdapat data periodik yang harus selalu di update setiap bulan sekali. Data periodik pada aplikasi dapodik mencakup keadaan dan sumber listrik, akses internet dan beberapa data pendukung lainnya.
SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN
SELAMAT DATANG -
WELCOME - SUGENG RAWUH - WILLKOMMEN - ترحيب
Contoh Pembiasaan Perilaku hidup Bersih dan Sehat
Pembiasaan Perilaku bersih dan sehat ditanamkan pada anak didik di sekolah dasar. Tujuannya adalah proses transformasi sikap yang berujung pada terpenuhinya tujuan pembelajajan pada anak didik. Beberapa pembiasaan dalam perilaku dapat dicontohkan dalam berbagai kegiatan berikut:
1. Membuang sampah pada tempatnya, jika memungkinkan pisahkan sampah dengan tiga item tempat sampah diantaranya untuk Barang pecah belah seperti kaca, gelas. Kemudian tempat sampah untukj organik seperti daun. Yang ketiga adalah tempat sampah untuk jenis plastik.
2. Melakukan kegiatan cuci tangan sebelum dan sesudah makan baik makan maknan kecil atau besar.
3. Kegiatan membeli jajanan di kantin atau penjual makanan dengan sehat yaitu memilih yang tidak banyak pewarna dan dibuat dengan bahan alami bukan sintetis.
4. Kegiatan gosok gigi bareng di sekolah yang melibatkan kepala sekolah, guru, karyawan dan seluruh siswa.
5. Kegiatan Jum'at bersih
6. Kegiatan PPPK/p3k oleh dokter kecil
7. Menjaga kebersihan sanitasi meliputi kamar mandi dan WC
1. Membuang sampah pada tempatnya, jika memungkinkan pisahkan sampah dengan tiga item tempat sampah diantaranya untuk Barang pecah belah seperti kaca, gelas. Kemudian tempat sampah untukj organik seperti daun. Yang ketiga adalah tempat sampah untuk jenis plastik.
2. Melakukan kegiatan cuci tangan sebelum dan sesudah makan baik makan maknan kecil atau besar.
3. Kegiatan membeli jajanan di kantin atau penjual makanan dengan sehat yaitu memilih yang tidak banyak pewarna dan dibuat dengan bahan alami bukan sintetis.
4. Kegiatan gosok gigi bareng di sekolah yang melibatkan kepala sekolah, guru, karyawan dan seluruh siswa.
5. Kegiatan Jum'at bersih
6. Kegiatan PPPK/p3k oleh dokter kecil
7. Menjaga kebersihan sanitasi meliputi kamar mandi dan WC
Contoh Rincian Laporan EDS bagian 4 Standar Penilaian
Bagian 4 dalam laporan EDS ini mencakup beberapa hal yang berkaitan dengan sekolah diantaranya adalah:
4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Spesifikasi dalam standar evaluasi
Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik
Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk kriteria penguasaan minimum
Guru melaksanakan penilaian pada interval yang reguler berdasarkan rencana yang telah dibuat
Guru menerapkan berbagai teknik penilaian dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan kesulitan peserta didik
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan
Wawancara dengan orang tua dan peserta didik
Rencana pengajaran guru
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
85 % (15 orang) pendidik ) membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik.(Kisi-kisi soal, Naskah soal, Kunci Jawaban, rubrik penilaian).
85 % (15orang) pendidik meyusun KKM untuk mata pelajaran yang akan diujikan.
85 % (15 orang) pendidik mengimpormasikan rubrik penilaian dan KKM kepada peserta didik.
85% (15 orang) pendidik melaksanakan ulangan secara berkala sesuai dengan rencana untuk setiap mata pelajaran.
85 % (15 orang) pendidik menerapkan berbagai tehnik dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik. (tes, observasi, penugasan, unjuk kerja, diskusi, kerja kelompok)
Tingkat yang dicapai
4.2 Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Spesifikasi dalam standard proses belajar
4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Spesifikasi dalam standar evaluasi
Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik
Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk kriteria penguasaan minimum
Guru melaksanakan penilaian pada interval yang reguler berdasarkan rencana yang telah dibuat
Guru menerapkan berbagai teknik penilaian dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan kesulitan peserta didik
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan
Wawancara dengan orang tua dan peserta didik
Rencana pengajaran guru
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
85 % (15 orang) pendidik ) membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik.(Kisi-kisi soal, Naskah soal, Kunci Jawaban, rubrik penilaian).
85 % (15orang) pendidik meyusun KKM untuk mata pelajaran yang akan diujikan.
85 % (15 orang) pendidik mengimpormasikan rubrik penilaian dan KKM kepada peserta didik.
85% (15 orang) pendidik melaksanakan ulangan secara berkala sesuai dengan rencana untuk setiap mata pelajaran.
85 % (15 orang) pendidik menerapkan berbagai tehnik dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik. (tes, observasi, penugasan, unjuk kerja, diskusi, kerja kelompok)
Tingkat yang dicapai
4.2 Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Spesifikasi dalam standard proses belajar
Contoh Rincian Laporan EDS Bagian 3 Standar Proses Belajar
Berikut adalah rincian contoh laporan EDS pada bagian 3 standar proses belajar. Hal yang tercantum dalam bagian ini adalah:
Spesifikasi dalam standar proses belajar.
Standar proses belajar.
A: Silabus
Silabus dikembangkan berdasarkan standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP).
Silabus diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan.
Bukti prestasi sekolah.
Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah.
Wawancara dengan orang tua peserta didik.
Wawancara dengan peserta didik.
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti.
99% ( 16 orang) pendidik pada seolah kami memiliki silabus.
Silabus dikembangkan didasarkan pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan KTSP.
Silabus mengarah pada pada pencapaian SKL.
Silabus selalu dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran.
3.2.Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif.
Spesifikasi dalam standar proses belajar.
Standar proses belajar.
A: Silabus
Silabus dikembangkan berdasarkan standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP).
Silabus diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan.
Bukti prestasi sekolah.
Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah.
Wawancara dengan orang tua peserta didik.
Wawancara dengan peserta didik.
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti.
99% ( 16 orang) pendidik pada seolah kami memiliki silabus.
Silabus dikembangkan didasarkan pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan KTSP.
Silabus mengarah pada pada pencapaian SKL.
Silabus selalu dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran.
3.2.Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif.
Contoh Rincian Laporan EDS ( Evaluasi Diri Sekolah ) Bagian 2
Rincian Laporan EDS bagian 2 ( Standar Isi )
2.STANDAR ISI
2.1.Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
Spesifikasi dalam standar isi
Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum.
Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis satuan pendidikan.
Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan.
Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang memadai yang disusun BNSP.
Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
Bukti prestasi sekolah
Kurikulum tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah
Kurikulum tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah
Wawancara dengan orang tua peserta didik
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Kerangka Dasar Kurikulum
Kurikulum sekolah kami memuat 5 kelompok mata pelajaran
1.Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia
2.Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian
3.Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi
4.Kelompok Mata Pelajaran Estetika
5.Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kurikulum dikembangkan berdasar 7 prinsip.
2.STANDAR ISI
2.1.Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
Spesifikasi dalam standar isi
Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum.
Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis satuan pendidikan.
Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan.
Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang memadai yang disusun BNSP.
Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
Bukti prestasi sekolah
Kurikulum tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah
Kurikulum tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah
Wawancara dengan orang tua peserta didik
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Kerangka Dasar Kurikulum
Kurikulum sekolah kami memuat 5 kelompok mata pelajaran
1.Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia
2.Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian
3.Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi
4.Kelompok Mata Pelajaran Estetika
5.Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kurikulum dikembangkan berdasar 7 prinsip.
Langganan:
Komentar (Atom)