RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olah raga & Kes.
Aspek/Ruang Lingkup : Senam Ketangkasan
Kelas /Semester : VI/I
Pertemuan Ke : 7
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Hari / Tanggal :
3. Standar Kompetensi : Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam
ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-
nilai yang terkandung di dalamnya.
3.1 Kompetensi Dasar : Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam.
Indikator : 1. mampu melakukan latihan / aktivitas tubuh anggota badan yang gerak dan bagian badan yang pasif.
2. mampu melakukan latihan penguluran secara dinamis dan statis.
I.Tujuan Pembelajaran
a. Anak mampu melakukan latihan pemanasan dengan benar
b. Anak mampu melakukan latihan penguluran dengan baik dan benar
c. Anak mampu melakukan latihan penenangan dengan baik dan benar.
II. Materi
Latihan penguluran dinamis dan statis
III. Metode Pembelajaran
Demonstrasi , penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Anak dibariskan, berdoa, berhitung dan melakukan pemanasan dengan gerakan yang mengarah pada kegiatan inti.
B. Kegiatan Inti
1 Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan statis secara individu,
seperti gerakan mendorog tembok, handstand di tembok, mengendong
teman ditempat, menahan benda diatas dua tangan dalam waktu
tertentu, menarik benda diam dll
2. Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan dinamis berteman seperti,
gerakan mendorog teman, hand stand berjalan, mengendong teman
sambil berjalan , menahan benda diatas kepala dan berjalan dalam
waktu tertentu, menarik benda bergerak dll
3. Melakukan latihan kekuatan otot lengan, tungkai, perut,bahu , pinggang
dengan hitungan yang dinamis.
C. Penutup
Guru melakukan evaluasi tentang kegiatan pembelajaran, berdo’a dan
dibubarkan
V. Alat/Sumber Bahan
Alat : Peluit, kapur, meja, kursi dll
Sumber bahan :
- Buku Penjasorkes
VI. Penilaian
- Tes Perbuatan
Penampilan - a. melakukan gerakan handstand, sikap lilin dll
b. melakukan gerakan tarik menarik berteman, gerakan
timbangan bertiga, gerobak dorong dll
…,……… ………………..2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Penjasorkes
............................ .......................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olah raga & Kes.
Aspek/Ruang Lingkup : Senam
Kelas /Semester : VI/I
Pertemuan Ke : 8
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Hari / Tanggal :
3. Standar Kompetensi : Mempraktikan kombinasi senam lantai dan senam
ketangkasan dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya.
3.2 Kompetensi Dasar : Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus, jelas dan lancar serta nilai percaya diri , disiplin dan estetika.
Indikator : 1. mampu melakukan latihan guling depan dan belakang dengan awalan maupun tanpa awalan
2. mampu melakukan senam ketangakasan,
seperti meroda, lompat peti, hand stand , dll.
I.Tujuan Pembelajaran
a. Anak mampu melakukan guling depan dengan banar
d. Anak mampu melakukan guling belakang dengan benar
e. Anak mampu melakukan meroda dan hand stand dengan benar.
f. Anak mampu melakukan lompat peti ( bok ) dengan benar
II. Materi
Senam ketangkasan
III. Metode Pembelajaran
Demonstrasi , penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Anak dibariskan, berdoa, berhitung dan melakukan pemanasan dengan gerakan yang mengarah pada kegiatan inti.
B. Kegiatan Inti
1 Melakukan latihan guling depan dan belakang
2. Melakukan latihan fisik seperti hand stand, kop stand, sikap lilin,
meroda, squathrush jump dll
C. Penutup
Guru melakukan evaluasi tentang kegiatan pembelajaran, berdo’a dan
dibubarkan
V. Alat/Sumber Bahan
Alat : Peluit, kapur, matras, bok
Sumber bahan :
- Buku Penjasorkes
VI. Penilaian
- Tes Perbuatan
Penampilan -
a. melakukan guling depan, guling belakang
b. sikap lilin, kop stand, hand stand. dll
…,……… ………………..2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Penjasorkes
………………………. ………………………………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olah raga & Kes.
Aspek/Ruang Lingkup : Senam Irama
Kelas /Semester : VI/I
Pertemuan Ke : 9
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Hari / Tanggal :
4. Standar Kompetensi : Mempraktikan rangkaian gerak ritmik sederhana berpasangan
dan beregu serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
4.1 Kompetensi Dasar : Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana menggunakan gerak jalan dan lompat secara berpasangan serta nilai kerjasama, disiplin dan estetika.
Indikator 1.mampu melakukan tegak langkah kaki kanan dan kaki kiri
2. mampu melakukan tegak anjur kaki kanan dan kaki kiri
3. mampu melakukan loop pass, bytrek pass, wissel pass.
4. mampu melakukan memutar dua lengan di depan dada dan dua lengan berhenti di samping
I.Tujuan Pembelajaran
a. Anak mampu melakukan latihan tegak anjur dengan banar
b. Anak mampu melakukan latihan tegak langkah dengan baik dan benar
c. Anak mampu melakukan latihan Loop pass, bytrek pass dan wissel pass
II. Materi
Senam ritmik.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Anak dibariskan, berdoa, berhitung dan melakukan pemanasan dengan gerakan yang mengarah pada kegiatan inti.
B. Kegiatan Inti
1. Melakukan latihan tegak langkah kaki kanan dan kaki kiri
2. Melakukan latihan tegak anjur kaki kanan dan kaki kiri
3. Melakukan latihan loop pass, bytrek pass, wissel pass
C. Penutup
Guru melakukan evaluasi tentang kegiatan pembelajaran, berdo’a dan
dibubarkan
V. Alat/Sumber Bahan
Alat : Peluit, kaset, Tape Recorder
Sumber bahan :
- Buku Penjasorkes.
VI. Penilaian
- Tes Perbuatan
Penampilan - a. melakukan gerakan tegak langkah, tegak anjur
b. melakukan gerakan berbagai langkah senam irama
c. melakukan gerakan tangan berputar dalam senam irama
…,……… ………………..2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Penjasorkes
............................... ..........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar