SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN

SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN - ترحيب

Contoh Rincian Laporan EDS Bagian 3 Standar Proses Belajar

Berikut adalah rincian contoh laporan EDS pada bagian 3 standar proses belajar. Hal yang tercantum dalam bagian ini adalah:
Spesifikasi dalam standar proses belajar.

Standar proses belajar.
A: Silabus
Silabus dikembangkan berdasarkan standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP).
Silabus diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan.

Bukti prestasi sekolah.

Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah.
Wawancara dengan orang tua peserta didik.
Wawancara dengan peserta didik.

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti.

99% ( 16 orang) pendidik pada seolah kami memiliki silabus.
Silabus dikembangkan didasarkan pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan KTSP.
Silabus mengarah pada pada pencapaian SKL.
Silabus selalu dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran.


3.2.Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif.





Spesifikasi dalam standar proses belajar.


B: Rencana Pelaksanaan Pembelajar
Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran - Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup identitas mata pelajaran, standar kompetensi, tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu, metode belajar, dan evaluasi. Kegiatan belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup.

Bukti-bukti prestasi sekolah.
Review RPP.
Observasi kelas.
Interview guru.
Interview peserta didik.

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti.

100 % ( 16 orang ) pendidik di sekolah kami menyusun Program Semester dan Program. Tahunan.
100 % ( 16 orang ) pendidik memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
RPP dikaji setiap tahun atau tidak.
RPP mencakup/memuat Identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi waktu, Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil Belajar, dan sumber belajar.

Tingkat yang dicapai

..........................


3.3.Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

Implementasi Proses Belajar
Selain buku text pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya.


Bukti-bukti prestasi sekolah

Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan
Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan tambahan
Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil karya peserta didik dipajang
Wawancara dengan peserta didik


Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Sumber belajar yang tersedia buku teks, buku pengayaan, buku referensi, perpustakaan, laboratorium, Lingkungan, lainnya.
Buku teks cukup untuk satu siswa satu buku.
Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya yaitu Panduan guru, buku pengayaan, buku referensi, buku sumber belajar lainnya
Sebagian besar guru kami memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
- Sebagian besar siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.


Tingkat yang dicapai


3.4.Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?



Spesifikasi dalam standar proses belajar


Implementasi proses belajar


Para guru mengimplementasikan rencana belajar dengan mempergunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik
Para peserta didik berpeluang untuk melakukan ekplorasi, elaborasi, dan konfirmasi
Para Guru memiliki kemampuan mengimplementasikan pengelolaan kelas yang efektif

Bukti-bukti prestasi sekolah

Tingkat/jumlah DO
Kehadiran peserta didik
Wawacara dengan guru dan peserta didik
Observasi sesama guru
Observasi Pengajaran
Rencana pengajaran dan reviu guru setelah menyampaikan pengajaran


Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

100% (16 orang) pendidik melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disiapkannya.
Dalam proses pembelajaran 75% (12 orang) pendidik menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan,menantang, dan memotivasi peserta didik.
Dalam proses pembelajaran 75 % (12orang) pendidik menerapkan siklus pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, (eksploratif, kolaboratif, konfirmatif)
75 % (12orang) pendidik mengelola kelas secara efektif. (mengatur tempat duduk sesuai karakter pembelajaran, memajang hasil karya siswa)

Tingkat yang dicapai


3.5.Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?


Spesifikasi dalam standar proses belajar


Perencanaan proses belajar
Rencana pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan atau lingkungan peserta didik.

Implementasi proses belajar
Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu keanekaragaman dan lintas budaya
Guru menghargai pendapat peserta didik
Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi mereka




Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan
Kehadiran peserta didik
Observasi sesama guru
Rencana pengajaran guru



Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Perencanaan Proses Belajar
80 % ( 13 orang) pendidik dalam menyusun Rencana Pembelajaran memperhatikan segala perbedaan kebutuhan pada peserta didik.




Implementasi Proses Belajar
75 % pendidik menggabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya.
75% (12orang) pendidik menawarkan bantuan atau penjelasan tambahan bagi sebagian peserta didik setelah jam sekolah
75% (12orang) pendidik memberi respon positif terhadap pendapat yang dikemukakan peserta didik.

Tingkat yang dicapai


3.6.Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?


Spesifikasi dalam standar proses belajar

Implementasi Proses Belajar
Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat mereka dihargai.
Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.


Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Observasi terhadap sikap guru terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian.
Menjadikan pekerjaan anak didik sebagai pajangan di kelas atau bahan pelajaran yang dibuat oleh anak didik.
Perilaku lain yang relevan

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
80% (14orang) pendidik dalam proses pembelajaran selalu menciptakan hubungan baik antara pendidik dan peserta didik.
Semua peserta didik kami diperlakukan dengan hormat/baik dan diharapkan menunjukkan tanggung jawab dan dukungan bagi sesama peserta didik
80 % (14 orang) pendidik selalu memberi penghargaan kepada siswa yang menunjukkan keberhasilan
Peserta didik dan para pendidik memiliki keinginan berprestasi dan mengharapkan pihak lainpun demikian.
- 80% (14 orang) pendidik selalu member penguatan terhadap hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung.


Tingkat yang dicapai

Tidak ada komentar:

Ads By Google

ADVERTISEMENT