Rincian Laporan EDS bagian 2 ( Standar Isi )
2.STANDAR ISI
2.1.Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
Spesifikasi dalam standar isi
Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum.
Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis satuan pendidikan.
Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan.
Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang memadai yang disusun BNSP.
Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
Bukti prestasi sekolah
Kurikulum tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah
Kurikulum tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah
Wawancara dengan orang tua peserta didik
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Kerangka Dasar Kurikulum
Kurikulum sekolah kami memuat 5 kelompok mata pelajaran
1.Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia
2.Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian
3.Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi
4.Kelompok Mata Pelajaran Estetika
5.Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kurikulum dikembangkan berdasar 7 prinsip.
Struktur Kurikulum
Kurikulum sekolah kami memuat 10 mata pelajaran, muatan local, pengembangan diri
Pembelajaran pada kelas rendah menggunakan/tidak menggunakan pendekatan tematik / mata pelajaran. (Khusus SD)
Jumlah jam pembelajaran perminggu adalah 36 jam pembelajaran.
Alokasi waktu tiap jam pembelajaran adalah 35 menit.
Jumlah minggu efektif dalam setahun 40 minggu.
Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan local.
RPP tersedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan local.
Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran
Sekolah kami memiliki Tim Pengembang Kurikulum.
Dalam penyusunan kurikulum kami melibatkan Kepala Sekolah, Pendidik, Komite Sekolah, Tokoh Masyarakat
Kami menyusun kurikulum menggunakan Panduan Penyusunan Kurikulum dari BNSP.
Kurikulum sekolah kami disusun setiap tahun Kurikulum kami memuat muatan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah yaitu Bahasa Daerah, Bahasa Inggris, PLH.
Kurikulum kami memuat pengembangan diri yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, yaitu kerajinan batok , pendidikan batik , dolanan anak , memasak makanan tradisional
2.2.Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
Spesifikasi dalam standar isi
Sekolah mematuhi standar untuk menyediakan apa yang dibutuhkan bagi pengembangan pribadi peserta didik termasuk konseling dan kegiatan ekstra kurikuler
Bukti prestasi sekolah
Wawancara peserta didik.
Wawancara orang tua peserta didik.
Observasi.
Laporan mengenai kegiatan sekolah.
Lain lain.
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Ekstra Kurikuler :
Kami menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler TPA , Qiroah , Pencak silat , karate , drum band , komputer
Kami memnyelenggarakan berdasarkan Jenis kelamin, minat, bakat, dan usia peserta didik.
Kami mengorganisasikan kegiatan ekstra kurikuler Program/Perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak lanjut.
Bimbingan dan Konseling.
Kami menyelenggarakan kegiatan Bimbingan dan Konseling.
Kami mengorganisasikan kegiatan Bimbingan dan Konseling Program/Perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak lanjut.
Demikian rincian laporan EDS bagian 2 Standar isi.
Bersambung di bagian ketiga tentang Standar Proses Belajar....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar