Bagian 4 dalam laporan EDS ini mencakup beberapa hal yang berkaitan dengan sekolah diantaranya adalah:
4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Spesifikasi dalam standar evaluasi
Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik
Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk kriteria penguasaan minimum
Guru melaksanakan penilaian pada interval yang reguler berdasarkan rencana yang telah dibuat
Guru menerapkan berbagai teknik penilaian dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan kesulitan peserta didik
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan
Wawancara dengan orang tua dan peserta didik
Rencana pengajaran guru
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
85 % (15 orang) pendidik ) membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik.(Kisi-kisi soal, Naskah soal, Kunci Jawaban, rubrik penilaian).
85 % (15orang) pendidik meyusun KKM untuk mata pelajaran yang akan diujikan.
85 % (15 orang) pendidik mengimpormasikan rubrik penilaian dan KKM kepada peserta didik.
85% (15 orang) pendidik melaksanakan ulangan secara berkala sesuai dengan rencana untuk setiap mata pelajaran.
85 % (15 orang) pendidik menerapkan berbagai tehnik dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik. (tes, observasi, penugasan, unjuk kerja, diskusi, kerja kelompok)
Tingkat yang dicapai
4.2 Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Spesifikasi dalam standard proses belajar
Evaluasi oleh guru
Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik
Guru mempergunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan
Wawancara dengan orang tua dan peserta didik
Rencana pengajaran guru
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
85 % (14 orang) pendidik mereviu tingkat kemajuan semua peserta didik pada akhir setiap semester dan mempergunakan informasi untuk merencanakan program pembelajaran selanjutnya.
85 % (14orang) pendidik menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan menyusun/melaksanakan rencana tindak lanjutnya.
85% (14 orang) pendidik melaksanakan perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik dan melaporkan hasilnya kepada orangtua peserta didik.
85% (14 orang) pendidik secara rutin menyimpan catatan dan memastikan kemajuan peserta didik dalam tingkat yang sesuai dengan cara mempergunakan penilaian untuk memberikan masukan dalam perencanaan mereka
85% (15 orang) pendidik melaporkan hasil penilaian yang disertai komentar perbaikan kepada orangtua peserta didik.
Tingkat yang dicapai
Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?
Spesifikasi dalam standar penilaian
Penilaian berdasarkan unit pendidikan
Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Wawancara peserta didik
Wawancara orang tua
Wawancara guru
Laporan kegiatan sekolah
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan
Sekolah melaporkan hasil Bimbingan dan Konseling terhadap orangtua peserta didik.
Tingkat yang dicapai
bagian 5
5. Kompetensi Lulusan
5.1.Apakah peserta didik dapat mencapai pencapaian akademis yang diharapkan?
Spesifikasi dalam Standar Kompetensi Lulusan
Hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar menurut usia dan mata pelajaran.
Bukti-bukti prestasi sekolah
Kemajuan yang dicapai peserta didik dalam ketrampilan menulis, membaca dan berhitung
Hasil Ujian
Hasil-hasil tes
Mutu pekerjaan sekolah yang dihasilkan
Hasil-hasil yang dicapai secara perorangan atau bersama
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Peserta ujian siswa kelas enam memiliki rata-rata nilai ujian 20, 90 sesuai dengan standar nasional pada semua mata pelajaran
Siswa memiliki rata-rata nilai raport sesuai standar nasional pada untuk semua mata pelajaran
Pencapaian prestasi akademik peserta didik mengalami kemajuan dari tahun ke tahun.
Tingkat yang dicapai
5.2.Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat?
Spesifikasi dalam Standar Kompetensi Lulusan
Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik
Sekolah mengembangkan ketrampilan hidup
Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Catatan pencapaian pribadi dan sosial peserta didik
Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler
Pencapaian dalam olahraga
Catatan mengenai program budaya
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
75 % peserta didik berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.
75% peserta didik menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten.
Potensi dan minat dari 100 % peserta didik telah berkembang melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan.
Sekolah menyediakan berbagai kegiatan pengembangan diri.
Tingkat yang dicapai
5.Standar Pengelolaan
5.1.Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?
Spesifikasi dalam standard pengelolaan
Perencanaan Program
Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak berkepentingan.
Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Pernyataan Visi dan misi sekolah
Dokumen penyebarluasan rumusan visi dan misi kepada pemangku kepentingan
Agenda/catatan hasil pertemuan komite sekolah
Dokumen/bukti lainnya
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Sekolah memiliki Komite Sekolah.
Komite Sekolah memiliki Struktur Organisasi yang lengkap dengan tupoksi, AD ART, Rencana Kerja, Catatan Kegiatan,
Sekolah memiliki Visi dan Visi.
Dalam perumusan dan penyusunan Visi dan Misi sekolah melibatkan Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua peserta didik, Tokoh masyarakat sekolah
Visi dan Misi Sekolah disosialisasikan kepada Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar
Visi dan Misi telah difahami oleh Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar.
Sekolah merevieu Visi dan Misi secara berkala.
Kepala Sekolah memiliki Rencana Kerja.
Pimpinan sekolah kami mendorong evaluasi diri dan memperkuat budaya dimana seluruh staf merasa mampu dan percaya diri membangun mutu baik di kelas maupun di luar kelas sesuai Rencana Kerja Sekolah.
Tingkat yang dicapai
5.1.Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
Perencanaan Program
Sekolah merumuskan tujuan yang jelas dan rencana kerja untuk pengembangan dan perbaikan dan disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang bekepentingan.
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Tujuan dan Rencana
Pendokumentasian dan sosialisasi rencana
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Sekolah memiliki rencana kerja yang jelas dan relevan untuk jalannya sekolah dengan lancar
Dalam menyusun program kerja, kepala sekolah melibatkan Pendidik, Tata Usaha, Penjaga dan Peserta Didik.
Rencana kerja sekolah disosialisasikan kepada peseta didik, orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentinganagar dipahami dengan baik
Sekolah mengevaluasi program kerja secara berkala dan membuat program tindak lanjut hasil evaluasi.
Sekolah menyusun tujuan sekolah yang dibuat berdasarkan hasil yang akan dicapai bagi para peserta didik dan sejalan dengan prioritas daerah dan pusat.
Tujuan sekolah disosialisasikan kepada peseta didik, orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan agar dipahami dengan baik
Sekolah menyusun Rencana Pengembangan Sekolah.
Rencana Pengembangan Sekolah didasarkan pada hasil Evaluasi Diri Sekolah.
Rencana Pengembangan Sekolah disosialisasika kepada warga sekolah, masyarakat sekitar
Tingkat yang dicapai
5.1.Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar?
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
Perencanaan Program
Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah
Supervisi dan Penilaian
Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah.
Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan SNP
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Laporan evaluasi diri sekolah
Kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan sekolah
Interviu dengan peserta didik
Interviu dengan orang tua
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai pencapaian mereka
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Sekolah menyusun RKAS sebagai implementasi Rencana Kerja Tahunan yang didasarkan pada rencana jangka menengah.
Sekolah melaksanakan evaluasi diri sekolah secara berkala.
Sekolah menyusun Laporan Evaluasi Diri sekolah
Sekolah membuat Rencana Tindak Lanjut dari hasil evaluasi diri sekolah.
Sekolah menyusun indicator keberhasilan sekolah.
Sekolah menetapkan prioritas kegiatan perbaikan kinerja sekolah.
Sekolah mensosialisasikan indicator keberhasilan dan prioritas perbaikan kinerja.
Tingkat yang dicapai
5.1.Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang memadai, efektif, efisian dan dapat dipertanggung jawabkan
Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif dan dapat diakses
Sekolah menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten dan tingkatan lain dalam sistem
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Informasi dan data mutakhir dan dapat diandalkan
Rencana Pengembangan sekolah berdasarkan bukti-bukti yang ditujukan dari data
Diknas kabupaten memiliki catatan mengenai kegiatan dan pencapaian sekolah
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Sekolah memiliki program pengelolaan informasi berupa perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjutSarana informasi yang tersedia, telepon, papan pengumuman, kotak saran
Stake holder mudah mengakses informasi tentang pengelolaan sekolah.
Sekolah memiliki petugas pelayanan informasi.
Sekolah memiliki data pengelolaan sekolah yang lengkap
Sekolah melaporkan data pengelolaan sekolah kepada dinas terkait secara rutin.
Tingkat yang dicapai
5.1.Bagaimanakan cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para guru dan tenaga kependidikan
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Sekolah mengatur kefektifan program pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk pengembangan profesi
Supervisi dan Evaluasi
Supevisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan sesuai dengan standar guru dan tenaga kependidikan
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh kepala sekolah
Interview guru
Observasi
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai prestasi yang dicapai
Perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Sekolah memiliki program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan.
Program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan sekolah adalah pembagian tugas, pemberian penghargaan, pengembangan profesi
Sekolah mempromosikan pendidik dan tenaga kependidikan.
Sekolah memiliki program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
Sekolah memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensinya.
Kepala Sekolah membuat supervisi pengelolaan secara rutin dan berkala.
Kepala Sekolah melaksanakan supervisi pengelolaan danmenindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat.
Kepala Sekolah membuat supervisi pembelajaran secara rutin dan berkala.
Kepala Sekolah melaksanakan supervisi pembelajaran dan menindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat.
Tingkat yang dicapai
5.1.Bagaimanakan cara masyarakat daerah mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
Sekolah melibatkan anggota masyarakat dan publik dalam mengelola aspek non akademis sekolah
Warga sekolah harus dilibatkan dalam pengelolaan akademis dan non akademis
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Catatan mengenai dukungan komite sekolah
Tingkat pendaftaran peserta didik
Interview dengan perwakilan masyarakat setempat
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Masyarakat pendukung sekolah dilibatkan dalam pengelolaan non akademik.
Sekolah menjalin kemitraan dengan Komite Sekolah, Msyarakat sekitar, Lembaga kemasyarakatan, Dunia Usaha, Pemerintah setempat, Sekolah mitra dalam kegiatan non akademik.
Semua warga sekolah terlibat dalam semua kegiatan sekolah.
Tingkat yang dicapai
5.STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN
5.1.Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memadai?
Spesifikasi dalam standar pendidik dan tenaga kependidikan
Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar
Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar
Pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar kompetensi
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Jumlah dan kualifikasi guru
Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik
Beban mengajar guru
Laporan kepala sekolah mengenai supervisi guru
Penilaian terhadap guru dan tenaga pendidik
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Kepala Sekolah
Tingkat pendidikan Kepala Sekolah adalah S-1
Jenis Pendidikan Pendidikan
Kepala Sekolah sudah bersertifikat Guru.
Guru
Jumlah guru kelas 10 orang, kurang (Khusus SD)
Jumlah guru mata pelajaran 4 orang, cukup
65 % (11orang) guru berijasah S-1.( 10 orang S-1 pendidikan, 1 orang S-1 non pendidikan)
80 % (14 orang guru) memiliki latar pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
30 % (5orang) guru telah bersertifikat Guru
Tingkat yang dicapai
Tenaga Kependidikan yang kami miliki :
1.Tenaga Administrasi
Jumlah 2orang cukup
Pendidikan SLTA
2.Pustakawan
Jumlah 1 orang, lebih/cukup/kurang
Pendidikan SLTA
3.Laborat
Jumlah 1 orang, lebih/cukup/kurang
Pendidikan SLTA
4. Konselor
Jumlah - orang, lebih/cukup/kurang
Pendidikan -
5.Penjaga
Jumlah 2 orang, lebih/cukup/kurang
Pendidikan SLTA
6.Tukang kebun
Jumlah - orang, lebih/cukup/kurang
Pendidikan-
7.Tenaga Kebersihan
-Tidak punya
8.Standar Pembiayaan
8.1 Bagaimana sekolah mengelola keuangan?
Spesifikasi dalam standar pembiayaan
Pengelolaan keuangan sekolah
Anggaran sekolah dirumuskan merujuk peraturan pemerintah pusat dan daerah
Pengelolaan keuangan sekolah transparan, efisien, dan akuntabel.
Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan
Laporan pendapatan dan penggunaan keuangan sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
Pembukuan keuangan sekolah
Wawancara dengan komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan
Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan.
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
RAPBS dirumuskan merujuk pada peraturan pemerintah.
Penyusunan RAPBS melibatkan Kepala sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua Peserta Didik, Tokoh Masyarakat
Sekolah melakukan pembukuan keuangan yang dilengkapi dengan bukti pengeluaran yang sah.
Sekolah memajang laporan kinerja efektifitas anggaran di Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, Ruang Pengumuman Sekolah
Pendapatan dan pengeluaran keuangan sekolah dilaporkan secara periodik kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
Sekolah melakukan pertanggung jawaban penggunaan keuangan secara menyeluruh kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
Tingkat yang dicapai
8.1 Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?
Spesifikasi dalam standar pembiayaan
Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan
Catatan alumni
Catatan hasil pertemuan dengan pemangku kepentigan yang relevan
Catatan pendapatan dari semua sumber
Interview dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan.
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Sekolah kami menjalin kemitraan dengan Perpustakaan Bantul, Puskesmas, UAD ,PGRI
Tingkat yang dicapai
8.3 Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?
Spesifikasi dalam standard pembiayaan
SPP siswa sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua
Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi
Bukti-bukti prestasi sekolah
(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)
Angka peserta didik yang masuk dan keluar
Wawancara dengan anak didik
Wawancara dengan orang tua
Wawancara dengan yang mewakili masyarakat
Wawancara perwakilan masyarakat daerah
Catatan SPPyang dibayarkan
Tingkat putus sekolah
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Sekolah kami membebaskan semua peserta didik dari segala bentuk pembiayaan penyelenggaraan pendidikan.
Sekolah kami menerima semua anak usia sekolah dari berbagai tingkatan sosial ekonomi.
Tingkat yang dicapai
PENUTUP
Evaluasi Diri Sekolah SD .... ini merupakan gambaran nyata keadaan SD..... sebenarnya untuk satu tahun mendatang dan merupakan hasil kinerja sekolah, baik itu Dewan Sekolah, Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan, Wali Murid, Tokoh Masyarakat dan Siswa SD Wojo.
Evaluasi Diri Sekolah ini dapat tersusun dari hasil kerjasama seluruh komponen sekolah SD .....
Selanjutnbya atas kekurangannya, diharapkan adanya pembinaan dan perhatian serta peremohonan maaf yang sebesar - besarnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar