SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN

SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN - ترحيب

Contoh Makalah Paling Sederhana

Menyampaikan aspirasi
I.PENDAHULUAN
Negara Indonesia adalah Negara hukum dan demokrasi.Sejak adanya proses reformasi tahun 1998,kita diberi kebebasan menyampaikan pendapat,opini,kritik dan saran kepada seseorang maupun lembaga baik pemerintah maupun swasta demi tercapainya
keseimbangan system yang berimbas pada perbaikan hubungan yang baik antara pemberi saran dan yang diberi saran.Hal demikianlah yang dinamakan aspirasi.Dengan aspirasi akan tercipta keseimbangan dan keselarasan, karena pada dasarnya proses pencapaian keseimbangan dan keselarasan itu sendiri memerlukan jalan yang panjang untuk dapat tercapai,karena suatu sistem aturan selalu berbenturan dengan berbagai kepentingan yang berbeda baik itu perseorangan maupun organisasi atau kelompok.

II.ISI
Aspirasi adalah penyampaian pendapat yang berasal dari perseorangan atau kelompok yang bertujuan untuk memperbaiki aturan atau sistem baru yang up to date yang dapat menyelesaikan atau memperbaharui aturan atau siste yang sudah ada.(Suharsimi Arikunto:1995)
Aspirasi pada dasarnya dapat disampaikan oleh pribadi atau perseorangan,kelompok baik kelompok tani,buruh,pekerja,karyawan, ataupun dapat juga disampaikan melalui Asosiasi atau kelompok social.
Selanjutnya aspirasi tersebut dapat disampaikan kepada pemerintah,sekolah,atasan,perangkat desa,kelompok-kelompok,lingkungan social,atau kepada perusahaan baik perusahaan pemerintah maupun swasta.
Apa yang akan disampaikan melalui aspirasi? Yang akan disampaikan lewt aspirasi yaitu dapat berupa saran yang bersifat membangun,kritik terhadap suatu kebijakan tertentu.Aspirasi dapat juga berupa opini baik opini pribadi atau opini public.
Sebuah opini dari seseorang akan dapat membentuk sebuah opini public yang dipengaruhi oleh beberapa factor pendukung yaitu: power ( kekuatan ) dari seseorang yang menyampaikannya , oleh karena dia mempunyai kekuatan menggalang massa yang didukung oleh latar belakang pendidikannya,fak
tor ekonominya,maupun faktor sosialnya. Faktor pendukung lainnya yaitu talenta ( keahlian ) dia dalam menanggapi opini yang didapatkannya,yang didukung oleh attitude ( sikap mental ) dan behaviour ( tingkah laku ) nya.

III. PENUTUP
Sebuah aspirasi pada dasarnya akan membentuk demokrasi,dan demokrasi yang baik tentunya dapat menampung dan menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan oleh seseorang maupun kelompok.Ketika sebuah aspirasi disampaikan , akan memunculkan konflik kecil yang berujung pada penyelesaian.Apabila penyelesaian itu telah didapat, akan memunculkan lagi aspirasi yang lain,dan begitu seterusnya

 DAFTAR PUSTAKA

-Suharsimi Arikunto:psikologi pendidikan 1995
-Buku modul Pkn Program S1 PGSD
-Dari berbagai sumber











PENYAMPAIAN ASPIRASI

(PENGEMBANGAN KOMPETENSI DASAR)





OLEH: ISSYAMSIYAH
NIM:817000937




PROGRAM S1 PGSD UNIVERSITAS TERBUKA
MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Tidak ada komentar:

Ads By Google

ADVERTISEMENT