SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN

SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN - ترحيب

Mengenal berbagai jenis File Audio Extension

Suatu kali anda mungkin menemukan atau memiliki file audio yang tidak anda kenal sebelumnya, dan anda tak dapat membukanya dengan aplikasi yang ada di komputer atau laptop?.
Ada baiknya kita mengetahui berbagai jenis file extension yang akan saya paparkan disini. Kita mulai dengan Audio File Extension.

1. .A52( baca dot e fifty two)
Adalah file extension Dolby Digital AC-3. File jenis ini dapat dimaknai dengan file suara yang dirapatkan atau dikompresi.Dikreasikan oleh Dolby Laboratories yang dapat di pecah dalam kanal 5.1 surround seperti suara sisi kiri, suara sisi kanan, suara tengah, suara surround kiri, suara surround kanan dan sub woofer.

2..AAC( baca dot e e si)
Adalah file kompresi tingkat lanjutan untuk mengkodekan audio MP3 dengan kompresi lebih baik dan memunculkan kualitas yang lebih tinggi daripada MP3. Perusahaan Apple's menggunakan file ini untuk default audio untuk produk iPod dan iPhone keluaran mereka.

3..AC3 (baca: e si tri)
Adalah file kompresi audio yang mengkodekan audio dalam 5 saluran terutamanya untuk home theater. Nuansa yang dihasilkan oleh file Dolby Digital AC3 Compressed Audio File ini dapat menggema dan mengitari si pendengar seakan berada di dalamnya.

4. .AIF ( Audio Interchange Format File )
Adalah format file suara yang diperkenalkan oleh Perusahaan Apple's dan digunakan untuk data suara yang disematkan dikomputer pribadi khususnya sistem suara pada komputer produksi Apple Macintosh.

5. .APE Audio File atau suara yang dikompresi
APE file extension atau Monkey's Audio Compressed Audio File adalah kompresi suara yang dikembangkan Monkey's Audio. File jenis ini memiliki tingkat kompresi yang lebih besar dan luas dari MP3 dan tidak menghilangkan datra suara yang di kompresi.

6. .AU File Audio Format
Adalah file suara dengan kedalaman 8000-8192 Hz dan di posisi 8 bit.
File suara jenis ini dikembangkan oleh Sun Microsystems.

7. .DTS File Audio Extension
DTS atau Digital Theater Systems Audio File adalah format suara dengan format kompresi surround. Surround yang dimaksudkan adalah saluran 5.1 dan 7.1. Jenis file suara ini adalah setara dengan Dolby Digital.

8. .FLAC File Audio Extension
.FLAC atau Free Lossless Audio Codec Compressed Audio File Dapat mengkompresi sebuah file suara tanpa menghilangkan kualitas suara yang dihadirkan.

9..M4A File Audio Extension
M4A atau file suara MPEG-4 yang merupakan kompresi audio dengan mengurangi dan memperkecil ukuran suara dan video.

10..M4P FILE AUDIO EXTENSION
Adalah file suara AAC adalah file yang diproteksi untuk mencegah penggunaan yang tidak resmi yang merupakan kausal langsung dengan Digital Rights Management. Biasanya digunakan oleh iTunes dan perusahaan lain untuk mencegah adanya penggunaan ilegal.

11..MID File Audio Extension
Midi audio sequence adalah file suara dengan nama singkatan Musical Instrument Digital Interface. File suara ini biasanya berupa music yang dapat dipecah ke dalam berbagai kanal suara.

12. .MKA File Audio Extension
Matroska audio dibuat untuk menggabungkan beberapa file audio dalam sebuah file. Dapat pula dibuat sebuah file yang didalamnya berisi file audio dan video serta subtitle sehingga lebih luas penggunaannya.

13. .MOD File Extension
Adalah file audio yang digunakan dalam sebuah computer untuk menampilkan musik. Terdiri dari empat kanal yang secara drastis meluas hingga 32 kanal suara atau musik instrument.

14. .MP1 File Extension
Adalah singkatan dari MPEG-1 layer 1 bentuk kompresi audio yang lebih kecil dan rendah. Dapat dimainkan berbagai media player. Contoh sederhana dari MP1 adalah file suara dari kaset audio.

15. .MP2 File Extension
Adalah file suara MPEG-1 layer 2 lebih tinggi dari MP1. digunakan secara umum pada siaran televisi. Kompresi audio ini lebih jarang dipakai oleh PC atau aplikasi internet setelah adanya MP3.

16. .MP3 File Extension
Adalah file audio MPEG-1 atau MPEG-2 layer 3, kompresi suara yang menghasilkan ukuran file yang kecil. Tingkat keakuratannya hampir sama dengan kualitas digital audio pada CD. Picassa dari Google pun mampu membuka file ini.

17. .OGG File Extension
Adalah file audio open source, yang dapat mengandung berbagai unsur bebas seperti streaming pada audio, video dan subtitle yang terpisah.

18. .OMA File Extension
File suara OpenMG dari perusahaan Sony.

19. .RA file Extension
Adalah file audio dari Real Player format, audio codec dengan bitrate rendah yang dikembangkan oleh RealNetworks.

20. .RAM File Extension
Adalah file lanjutan dari RA. Singkatan dari Real Audio Metadata, sebuah filr yang dapat menggabungkan audio dan video dengan tingkat kompresi sedang. Diperkenalkan pada 1997.

21. .SND File Extension
Adalah file format pada audio dan sound digital yang dikembangkan oleg Sun Microsystem. Contoh sederhana file ini adalah file PCM pada receiver Parabola pada perekaman video.

22. .SPX File Extension
Adalah OGG Speex Audio File pada Podcasts, dapat juga ditemukan di file FLV file video. Dimunculkan tahun 2002 oleh Speex project.

23. .WAV File Extension
Adalah format standar audio pada Windows dari Microsoft dan IBM.

24. .WMA File Extension
Adalah Windows Media Audio File. File suara digital yang dikembangkan oleh Microsoft.
Dalam satu file WMA terdapat single track dari empat codec diantaranya WMA, WMA Pro, WMA loosless, WMA voice.

25. .WV File Extension
Adalah format kompresi audio bebas atau open source. WavPack dapat mengkompresi dari 8, 16, 24, 32 titik tetap pada audio file yang juga mendukung suara surround.

26. .XM File Extension
Adalah bentuk file suara yang diperkenalkan oleh Triton Fast Tracker. XM adalah format umum pada Chiptunes.

Demikian ulasan mengenai berbagai file audio atau suara. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Tidak ada komentar:

Ads By Google

ADVERTISEMENT