SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN

SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN - ترحيب

Analisa Soal Tes CPNS Honorer Kategori 2 ( K2 )

Berita hangat yang berhembus kencang saat ini adalah akan dilaksanakannya tes khusus tenaga honorer di berbagai instansi pusat dan daerah. Ada sekitar 600,000 lebih honorer K2 yang akan diikutsertaka dalam tes CPNS mendatang. Bagi sebagian honorer dilingkungan Dinas pendidikan, sudah menerima Kisi kisi soal yang tentunya dapat memberi rambu yang dapat digunakan sebagai sebuah modal untuk mengikuti tes mendatang. Tes CPNS 2013 yang melibatkan posisi tenaga honorer k2 sebagai peserta yang dapat dikatakan istimewa. Tes CPNS tahun ini adalah moment yang menjadi tonggak sejarah dalam dunia penerimaan CPNS. Hal tersebut dapat dianalisa sebagai sebuah pengharapan sekaligus sebagai saat mendebarkan yang nantinya akan mengantar tenaga honorer k2 menuju pada tujuan akhirnya yaitu diangkat menjadi PNS ( Pegawai Negeri Sipil ).



Tes CPNS untuk tahun ini diadakan dengan agenda besar, dan dinyatakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara sebagai sebuah penerimaan yang transparan, akuntable dan jujur.

Tes CPNS tahun ini akan dilaksanakan pada akhir bulan September 2013 atau awal Oktober. Sebagai sebuah agenda besar penerimaan CPNS tahun 2013 memiliki makna sebagai sebuah ujung dari perjuangan honorer terutamanya K2.

Soal dalam Tes penerimaan CPNS dari tenaga honorer sama halnya dengan tes CPNS lainnya. Namun tes pada tahun ini melibatkan konsorsium Perguruan Tinggi di Indonesia, yang diharapkan dapat mengacu kepada keakuratan dalam pembuatan soal.

Dalam analisa kami, soal CPNS tidak akan sama dengan tes sebelumnya yang memakai sistem klasik. Adanya computer assisted test juga menjadi bahan pertimbangan dalam menyeleksi peserta tes.

Namun dari berbagai analisa tersebut, yang pasti soal tes CPNS ( Calon Pegawai Negeri Sipil ) menyangkut beberapa hal yang harus dikuasai oleh peserta tes :

1. Tes kemampuan dasar atau TKD
2. Tes kemampuan Bidang atau TKB

Tes yang dimaksud dalam seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil adalah tes bakat solastik, Tes Bahasa Indonesia, Tes Falsafah dan Ideologi Pncasila, UUD 1945, TPU tes pengetahuan umum, Kebijakan pemerintah, Sejarah, tes tata negara, Tes antonim atau lawan kata, Tes sinonim atau padanan kata, Tes arismetik, Tes logika dan tes seri.

Tes dalam soal CPNS tersebut harus dikuasai oleh peserta untuk dapat memenangkan pertarungan dalam Tes CPNS tahun ini.

Tidak ada komentar:

Ads By Google

ADVERTISEMENT