SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN

SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN - ترحيب

Contoh Petunjuk Tugas pemrograman internet


PETUNJUK TUGAS PROJECT PEMROGRAMAN INTERNET 2
S1 TI & D3 TI



PETUNJUK TUGAS PROJECT PEMROGRAMAN INTERNET 2
S1 TI & D3 TI


Topik yang ditawarkan :


1.                  Aplikasi E-Learning

Abstraksi :
Aplikasi ini mampu mengelola proses-proses yang ada di e-learning. Fasilitas yang disediakan : input materi pembelajaran, menghapus materi, pembuatan kategori untuk masing-masing ilmu pembelajaran (umum, khusus, teknologi informasi, dll). Yang dapat mengakses sistem ini adalah user yang telah melakukan registrasi sedangkan yang belum (user biasa/ tamu) hanya dapat melihat informasi katalog materi pembelajaran yang ada dari halaman utama. Untuk informasi selengkapnya lihatlah contoh-contoh situs e-learning yang ada di internet.

2.                  Aplikasi Customer Relationship Management (CRM)

Abstraksi :
Aplikasi ini digunakan untuk melakukan pengelolaan administrasi antara sebuah perusahaan dengan client-client yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Fasilitas yang tersedia : input data client, input jadual client dengan perusahaan, untuk info selengkapnya lihatlah contoh-contoh situs perusahaan yang menggunakan CRM di internet.

3.                  Aplikasi Electronic Human Resources Management (EHRM)

Abstraksi :
Aplikasi ini digunakan untuk mengelola sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan/ organisasi. Fasilitas yang disediakan : input data pegawai, edit,  dan hapus data pegawai, mutasi, promosi karyawan berdasarkan kriteria, penggajian, pencarian data pegawai berdasarkan kriteria tertentu (berdasarkan departemen/ bagian, nip, nama karyawan, status menikah/ belum menikah, jenis kelamin, masa kerja, dll), laporan data karyawan  per karyawan, rekap jumlah karyawan per bagian/ departemen, dll.

4.                  Aplikasi E-Office

Abstraksi :
Aplikasi ini hampir mirip dengan EHRM tapi yang dikelola disini adalah : rapat online, media informasi bagi karyawan di web, jadual pertemuan masing-masing pegawai, jadual kegiatan masing-masing pegawai, termasuk daftar pekerjaan yang harus dikerjakan oleh pegawai, info/ news yang harus diketahui oleh pegawai yang dikeluarkan oleh pihak manajemen perusahaan.


5.                  Aplikasi Perpustakaan OnLine

Abstraksi :
Aplikasi ini hampir sama dengan proses bisnis dari perpustakaan konvensional hanya media yang digunakan adalah web. Fasilitas yang disediakan : input data buku,pengarang, penerbit,dll. Edit, dan hapus data buku,pengarang,penerbit. Setiap anggota bisa melakukan pemesanan buku secara online, daftar katalog buku yang ada dan keterangan isi buku yang tersedia, informasi stok buku yang tersedia, status buku (dipinjam, rusak, tersedia).

6.                  Aplikasi Chat Room
Abstraksi :
Hampir sama dengan media chat room yang ada di internet yang berhak masuk dalam room ini adalah user yang telah memiliki account di dalam database. Fasilitas yang disediakan : lihat contoh chat room yang ada di internet (ex : YM!, MiRC, etc).

7.                  Aplikasi Reservation Hotel

Abstraksi :
Sistem pemesanan kamar hotel secara online. Informasi yang disediakan adalah tipe kamar beserta harga kamar, jumlah kamar yang tersedia. Fasilitas yang disediakan : input data kamar, edit harga kamar, booking kamar secara online, input news yang berhubungan dengan hotel, termasuk updated promosi-promosi yang dilakukan oleh pihak hotel.

8.                  Aplikasi Rekam Medik Rumah Sakit

Abstraksi :
Sistem ini melakukan pencatatan dan pengelolaan data-data rekam medik pasien sebuah rumah sakit berbasis web. Fasilitas yang disediakan : pengelolaan data pasien, laporan data rekam medik pasien meliputi laporan rekam medik per pasien, laporan data pasien rumah sakit per bulan, per tahun input, pencarian data rekam medik pasien berdasarkan kirteria tertentu (nomor rekam medik, nama pasien, alamat pasien, jenis penyakit, jenis kelamin,  dll). User dalam sistem ini dibagi menjadi beberapa level tergantung fasilitas yang dapat di akses oleh level user yang bersangkutan. Fasilitas tambahan silahkan di tambahkan sesuaikan dengan asumsi-asumsi yang berlaku di real world.

9.                  Aplikasi Web Sekolah

Abstraksi :
Aplikasi ini berbasis web, yang merupakan media komunikasi 2 arah antara pihak sekolah dengan siswa. Fasilitas yang tersedia : pihak sekolah dapat mengisikan info sehubungan dengan kegiatan sekolah, fasilitas sekolah, daftar event yang ada di sekolah, siswa dapat melakukan download materi dari guru, dll.


10.              Aplikasi Web Perusahaan (Company Profile)
Abstraksi : Berisi informasi profil perusahaan yang dapat di-update oleh perusahaan melalui control panel yang tersedia (input, edit, hapus), dll.

Petunjuk :
-          Pilihlah topik yang sesuai dengan kemampuan kelompok anda.
-          Satu kelompok terdiri dari minimal 3 orang dan maksimal 5 orang dalam satu kelas.
-          Perkiraan waktu pengerjaan proyek antara tanggal 19 desember 2010 s/d 7 Januari 2011.
-          Perkiraan waktu presentasi final project antara tanggal 9 Januari 2010 s/d 7 Januari 2011.
-          Buatlah dokumentasi yang lengkap untuk project anda dalam format dokumen (*.DOC) yang terdiri dari manual program (admin & client) , manual instalasi, keterangan-keterangan tambahan lainnya.


-Selamat Mengerjakan-

Yogyakarta, Desember 2010

TTD

Dosen PI2 & PIL

Tidak ada komentar:

Ads By Google

ADVERTISEMENT