SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN

SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN - ترحيب

Contoh Manajemen dan Pengelolaan ruang kelas


Pengelolaan kelas/penataan ruang kelas
(3x45 menit)






Pengelolaan kelas/penataan ruang kelas
(3x45 menit)



A.Pengantar

Dalam desain kelas banyak kita jumpai penataan kelas yang tampak masih monoton dan tidak pernah berubah, sehingga tampak ruang kelas bagaikan gedung bioskop, semua murid menghadap kedepan, duduk berdua dengan satu teman meja yang tak pernah ganti. Begitupun intensitas kerja siswa sulit terjadinya, interaktif yang komunikatif jarang dilakukan oleh guru, apalagi kapasitas jumlah siswa yang melebihi batas normal, siswa merasa jenuh dengan kondisi kelas yang penat, sesak.
Asumsi bahwa dengan tempat duduk yang berubah serta pajangan kelas yang menarik dapat dikatakan bahwa kelas tersebut telah melaksanakan PAKEM tanpa mengetahui secara jelas makna dari penataan ruang maupun fungsi pajangan yang dilakukan guru. Sudah seharusnya seorang guru di tuntut untuk mengetahui secara jelas makna dari apa yang dilakukan dalam penataan maupun desain kelas yang menarik.
            Ada kalanya guru merasa puas jika mengajar murid duduk tenang dalam kelas, mengerjakan soal soal latihan dengan hasil nilai baik tanpa menghiraukan kondisi ruangan serta pemanfaatan ruang yang lain seperti: ruang perpustakaan, halaman,lingkungan dan obyek yang ada di sekitar sekolah guna melaksanakan PBM, sementara siswa merasa bosan menerima pembelajaran yang senantiasa berada di ruang kelas.

B. Tujuan
Setelah sesi ini berakhir diharapkan peserta pelatihan dapat memiliki pengetahuan dan mampu mendesain bentuk penataan ruang kelas yang menarik,serta mampu merancang bentuk kegiatan pembelajaran yang sesuai  dengan kompetensi yang diajarkan.

Secara khusus di harapkan peserta dapat:
  1. Mendesain ruang kelas yang efektif
  2. Mengidentifikasi bentuk kegiatan pembelajaran yang cocok dilakukan didalam kelas maupun diluar kelas
  3. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing masing kegiatan pembelajaran di dalam dan di luar kelas.
  4. Menentukan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar

C. Isi materi Diklat
Pengelolaan kelas/penataan ruang kelas meliputi sub pokok bahasan sebagai berikut :
  • Manfaat penataan ruang kelas yang menarik dan bermakna
  • Pemanfaatan sarana yang ada untuk mendesain penataan ruangan kelas yang menarik dan bermakna
  • Bentuk kegiatan pembelajaran yang cocok dilakukan di dalam atau di luar kelas
  • Analisa kekuatan dan kelemahan masing masing kegiatan pembelajaran.
D. Bahan dan alat
Ø  Potongan kertas berlabel nama-nama sarana kelas.
Ø  Silabus
Ø  Format
Ø  Kertas plano,spidol

E. Skenario sesi

Materi
Waktu
Kegiatan
Sumber/Alat
Tujuan dan skenario sesi
5’
Pendahuluan/kegiatan awal
Fasilitator menjelaskan tujuan sesi ini dan skenario yang akan di lakukan (K)
Slide 1
Curah pendapat
15’
Peserta di kelompokkan (4-5 orang) menggambar penataan/ kondisi ruang kelasnya
Dari beberapa hasil kelompok dibahas segi kelemahan dan kekuatan.
Tugas 1
Peserta menggambar penataan ruang kelas yang dilakukan di kelasnya.

Kertas
Spidol
Mendesain ruang kelas yang menarik
30’
Kegiatan inti
Disajikan potongan kertas bertuliskan sarana yang beragam (sesuaikan dengan skala sebenarnya)
 Tugas 2
Peserta mendesain ruang kelas yang menarik dengan sarana yang ada dan menjelaskan maknanya.
Potongan kertas bertuliskan sarana yang beragam.

Laporan hasil kerja
15’
Kunjung karya (salah satu peserta sebagai wakil untuk menjelaskan hasil kerjanya)


5’
Penegasan Fasilitator
Slide 2
Menentukan kelemahan kekuatan
15’
Setelah peserta melihat tayangan vidio tentang pembelajaran di dalam dan di luar kelas,peserta memberikan tanggapan
Foto/gambar pembela-jaran di dalam dan diluar kelas
Mengidentifkasi bentuk kegiatan pembelajaran


25’
Peserta di bentuk menjadi beberapa kelompok.
Tugas 3
Disajikan beberapa indikator(silabus) dari berbagai mata pelajaran
Untuk dicermati,kerja kelompok menentukan bentuk kegiatan pembelajaran yang cocok dilakukan di di dalam atau diluar kelas,serta menganalisa kekuatan dan kelemahanya.
Tugas 4  (format yang tersedia)
Ø  Cermati silabus/indikator kemudian tentukan bentuk kegiatan,alasan ,kelemahan dan kekuatannya.
o Kertas, plano
o Format
o Spidol
o Silabus

20’
 5’
Presentase hasil kerja kelompok
Penegasan fasilitator

Slide 3
Alur pikir pengelolaan kelas/penataan ruang
30’
Peserta menyusun potongan kertas berisi label sarana yang ada untuk mendesain kelas yang menarik dan menjelakan maknanya.
Potongan kertas berlabel meja,kursi,pojok baca,rak,almari, papanpajangan, alat peraga

6x5’=30’
Peserta saling berkunjung karya untuk mendapatkan berbagai pengalaman cara mendesain ruang kelas yang menarik,tiap kelompok menyiapkan wakilnya untuk memberikan tanggapan bila kelompok lain mengajukan pertanyaan( minimal tiap kelompok dikunjungi @ 5menit)






-

10’
Kegiatan penutup Fasilitator memberikan penegasan manfaat tata ruang yang menarik serta perlunya menciptakan suasana kelas yang beragam (di dalam maupun di luar kelas)
Slide 4
F.Lampiran
  1. (Hand out) ringkasan penegasan
  2. Format
  3. Contoh desain pengaturan ruang kelas yang menarik
  4. Vidio pembelajaran diluar dan didalam kelas
Lampiran
















Makalah :

Pengelolaan kelas/penataan ruang kelas

Salah satu bentuk manajemen kelas maka sangat penting bagi guru dalam mengelola kelas dan penataan ruang yang terlihat asri,rapi,indah sehingga membuat anak kerasan didalam kelas, pembelajaran lebih menyenangkan.ada beberapa manfaat penataan ruang kelas yang menarik antara lain :siswa tidak akan merasa jenuh, akan betah dalam kelas anak akan lebih termotivasi dalam belajar serta dapat menumbuhkan kreatifitas untuk mendesain kelas yang lebih rapi.
Dalam desain pembelajaran sebaiknya tidak selamanya guru membelajarkan dalam kelas,jika guru panadi memanfaatkan lingkungan/ruangan yang selain ruang kelaspun akan lebih baik,pembelajaran di luar kelaskan memiliki kekuatan antara lain :
Ø  Dengan pembelajaran yang variatif siswa akan segar berpikir karena suasana yang berganti
Ø  Inkuiri lebih berproduksi
Ø  Akslerasi lebih terpadu dan spontan
Ø  Kemampuan eksplorasi lebih runtut
Ø  Menumbuhkan penguatan konsep
Adapun kelemahan pembelajaran di luar kelas antara lain :
Ø  Siswa akan kurang konsentrasi
Ø  Pengelolaan siswa akan lebih sulit terkondisi.
Ø  Waktu akan tersita (kurang tepat waktu)
Ø  Penguatan konsep kadang terkontaminasi oleh siswa lain/kelompok lain
Ø  Guru lebih intensif dalam membimbing
Ø  Akan muncul minat yang semu
Manfaatnya pembelajaran di luar kelas antara lain:
Ø  Pikiran lebih jernih
Ø  Pembelajaran akan terasa menyenangkan
Ø  Pembelajaran lebih variatif
Ø  Belajar lebih rekreatif
Ø  Belajar lebih riil
Ø  Anak lebih mengenal pada dunia nyata dan luas
Ø  Tertanam image bahwa dunia sebagai kelas
Ø  Wahana belajar akan lebih luas
Ø  Kerja otak lebih rilexs
Kekuatan pembelajaran di dalam kelas antara lain :
Ø  Anak lebih konsentrasi
Ø  Tugas guru tidak terlalu repot
Ø  Pengorganisasian siswa lebih terjamin
Ø  Mudah dalam pengawasan
Kelemahan di dalam kelas antara lain :
Ø  Anak merasa bosan
Ø  Partisipasi individu kurang
Ø  Penemuan dan akslerasi cenderung tergiring terkondisi oleh guru
Ø  Eksploritasi guru terbatas

Dalam proses PBM di perlukan suasana yang menyenangkan sehingga aspirasi anak terbangun.Pemanfaatan ruangan kelas dan pemberdayaan lingkungan sekitar merupakan rumah kedua,oleh karena itu sangat perlu dikelola dengan baik.



Tugas  I
Gambarlah penataan ruang kelas yang sering di lihat dalam kelas !
Tugas II
Susun potongan menjadi ruang kelas yang menarik!
Tugas III
Gunakan format berikut !
Kompetensi Dasar/Indikator
Pembelajaran yang sebaiknya dilakukan
Alasan
Kekuatan
Kelemahan































Tidak ada komentar:

Ads By Google

ADVERTISEMENT