" Sebuah Catatan Kehidupan

SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN

SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN - ترحيب

Contoh Proposal Beasiswa Inklusi Sekolah Dasar PLB Yogyakarta

KATA PENGANTAR

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Puji syukur Kami panjatkan kehadirat Allah SWT , karena atas limpahan karunia dan taufik serta hidayahnya Proposal Permohonan Beasiswa bagi anak berkebutuhan khusus ini dapat terselesaikan.
Proposal ini diajukan sebagai bentuk permohonan untuk mendapatkan beasiswa dari dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Bidang Pendidikan Khusus.
Kami sadari sepenuhnya bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak terdapat kekurangan namun diharapkan dapat memberikan gambaran sekaligus infomasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan.
Akhirnya kepada semua pihak kami sampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas segala bantuan sehingga proposal ini dapat tersusun sebagaimana yang diharapkan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bantul, Februari 2019

Penyusun,










BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Penyelenggaraan Layanan Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, diantaranya adalah pendekatan pendidikan segregasi, dimana anak berkebutuhan khusus (disabilitas) diberikan layanan pendidikan di sekolah khusus (SLB), dan pendidikan “mainstraming” dimana anak berkebutuhan khusus mendapatkan layanan pendidikan bersama- sama dengan siswa lainnya di sekolah regular yang kita kenal dengan pendidikan inklusif.
Peraturan daerah DIY tentang penyelenggaraan pendidikan berbasis budaya menyatakan bahwa penyelenggaraan dilaksanakan tanpa diskriminatif, afirmatif, dan inklusif. Sehingga kebijakan tersebut sejalan dengan praktek pendidikan yang diharapkan dalam system pendidikan nasional.
Undang- undang nomor 23 tahun 2014 tentang kewenangan daerah menyatakan bahwa kewenangan penyelenggaraan pendidikan menengah dan pendidikan khusus berada di provinsi, sejalan dengan hal tersebut maka Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai institusi yang menangani bidang Pendidikan di level DIY, Berkewajiban mengawal keterlayanan siswa berkebutuhan khusus di seluruh DIY dalam mengenyam pendidikan, baik siswa disekolah khusus (SLB) maupun yang berada di sekolah regular (SPPI).
Berdasarkan kondisi di atas, untuk mendukung optimalisasi belajar siswa berkebutuhan khusus yang ada di SD Wojo, Korwil Kecamatan Sewon perlu didukung dengan memberikan beasiswa pendidikan inklusif.


Contoh Surat Pernyataan 5 Komitmen Sebagai syarat pemberkasan PPPK ( P3K)

SURAT PERNYATAAN 5 KOMITMEN

Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama :
Tempat tanggal lahir :
Jenis Kelamin :
Pendidikan dan jurusan : S1/AKTA IV PENDIDIKAN SENI RUPA IKIP YOGYAKARTA
Alamat lengkap :
Dengan ini menyatakan bahwa pada saat mengajukan lamaran PPPK ini, saya :
1. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih:
2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
3. Tidak berkedudukan sebagai Calon PNS, PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia:
4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Pemerintah Kabupaten Bantul.
Demikian pernyataan ini saya buat, apabila dikemudian hari ternyata terbukti memberikan keterangan yang tidak benar saya siap diproses sesuai hukum yang berlaku.


Februari 2019
Yang Membuat Pernyataan



Nama dan Tanda tangan

Contoh Jenis Layanan Bimbingan Konseling pada sekolah

BAB I
JENIS-JENIS LAYANAN BIMBINGAN

Beberapa jenis layanan dan kegiatan perlu dilakukan sebagai wujud penyelenggaraan pelayanan bimbingan terhadap siswa. Layanan dan kegitan pokok tersebut adalah:

a. Layanan Orientasi

Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan siswa memahami lingkungan (seperti sekolah) yang baru dimasukinya untuk mempermudah dan memperlancar berperannya siswa di lingkungan yang baru.

b. Layanan Informasi

Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan siswa menerima atau memahami informasi (seperti informasi pendidikan dan informasi pekerjaan) yang dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan.

c. Layanan Penempatan dan Penyaluran

Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan siswa memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat (misalnya penempatan / penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, ekstra kurikuler) sesuai dengan kondisi pribadi siswa (potensi/kemampuan, bakat dan minat)

d. Layanan Bimbingan Belajar

Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan siswa mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dan benar secara individu maupun kelompok, sesuai dengan kondisi pribadi siswa (bakat, minat, potensi/kemampuan).

e. Layanan Bimbingan Kelompok

Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan sejumlah siswa secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan/informasi dari nara sumber tertentu (terutama dari pembimbing) yang berguna untuk menunjang kehidupannya sehari-hari.



Pembimbing perlu menyelenggarakan jenis-jenis layanan bimbingan dengan penyesuaian sepenuhya terhadap karakteristik siswa yang dilayani.



A. Isi Layanan Bimbingan

Layanan bimbingan hendaknya disesuaikan dengan sasaran layanan bimbingan. Serta sesuai dengan perkembangan siswa dalam aspek pribadi-sosial, pendidikan dan karier. Di samping itu harus diperhatikan pula kebutuhan siswa dari masing-masing tingkatan kelas. Dengan memperhatikan hal tersebut, isi layanan di SD adalah sebagai berikut :

a. Kelas Rendah (Kelas I, II, III)

1. Bimbingan Pribadi – Sosial

v Mengenal ciri-ciri yang ada di dalam diri sendiri

v Menunjukkan makna sikap terpuji dan tercela

v Mengenalkan cara hidup sehat dengan makan bergizi dan olah raga

v Mengenalkan ciri khusus orang lain

v Menggambarkan peran sebagai anggota keluarga di rumah

v Menjelaskan makna kerja sama

v Menggambarkan berbagai perasan dalam berbagai situasi

Ads By Google

ADVERTISEMENT