SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN

SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN - ترحيب

Apa itu Aplikasi Dapodik dan Mengapa Penting dalam dunia pendidikan?

Aplikasi dapodik adalah software pendidikan yang merupakan kolaborasi input pokok data pendidikan menyeluruh terhadap satuan pendidikan formal. Aplikasi dapodik dibuat untuk menyediakan data update terbaru pada satuan pendidikan tertentu.

Aplikasi dapodik dirilis oleh kemendikbud dan versinya selalu diperbaharui setiap satu semester. Lalu apa saja isi dari dapodik tersebut?.

Isi dari dapodik meliputi segala informasi pokok yang ada dalam satuan pendidikan. Sebagai contoh sebuah Sekolah Dasar A melakukan aktivasi dapodik melalui aplikasi unduhan dari Kemendikbid. Lalu operator yang ditunjuk menginputkan data demi data. Data secara rinci adalah:

- Data profil sekolah meliputi semua informasi yang berkenaan dengan keadaan dan identitas sekolah, mulai nama sekolah, nomor NPSN, jenjang pendidikan, status sekolah dan tahun berdiri. Selain itu data pokok lainnya adalah lokasi sekolah, SK pendirian, Akreditasi, No rek. BOS, nomor telephone, e-mail dan website. Selain itu terdapat data periodik yang harus selalu di update setiap bulan sekali. Data periodik pada aplikasi dapodik mencakup keadaan dan sumber listrik, akses internet dan beberapa data pendukung lainnya.



- Data sarana dan prasarana meliputi segala sarana yang ada pada satuan pendidikan tersebut diantaranya adalah kursi, meja guru dan siswa, bendera, kipas angin, tempat sampah, papan tulis, tape recorder, proyektor, white board, televisi bila ada, komputer, laptop, camera, handycam, kamar mandi, ruangan dan lain lain disertai jumlah dan keadaan terbaru pada saat data dari aplikasi dapodik disinkronkan atau disesuaikan.

- Terdapat juga data rombongan belajar beserta nama guru dan kurikulum yang dipergunakan yang tentunya harus terus diperbaharui sesuai dengan keadaan sebenarnya.

-  Data pokok pendidik dan tenaga kependidikan juga tersedia dalam aplikasi dapodik.

-  Data pokok siswa dan segala yang berkenaan dengannya seperti nama siswa, alamat, transportasi dan jarak menuju kesekolah dan lainnya.

-  Data absensi kelas serta nama siswa secara lengkap.

-  Data pokok lainnya seperti jumlah keseluruhan siswa, usia, tinggi badan, agama dan lain lain.

Data tersebut diatas hanya beberapa informasi yang tersedia dalam aplikasi dapodik. data lainnya lebih banyak lagi dan perlu diperbaharui setiap bulannya.

Itulah mengapa data dalam aplikasi dapodik sangat penting dalam dunia pendidikan. Bila salah dalam input, bisa saja tunjangan profesi tak cair, dana BOS telat atau bahkan bantuan dari pemerintah ke sekolah tersebut tak dapat disalurkan.

Pada intinya aplikasi dapodik menjadi acuan terbaru, terupodate dan terkini yang dikerjakan oleh operator sekolah. Semoga aplikasi data dapodik ini akan lebih diupdate lagi dengan versi yang lebih baik.

Demikian informasi mengenai dapodik dan kepentingannya dalam dunia pendidikan di indonesia.

Tidak ada komentar:

Ads By Google

ADVERTISEMENT