SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN

SELAMAT DATANG - WELCOME - WILLKOMMEN - ترحيب

Contoh Ujian Praktek Kelas VI SD


UJIAN PRAKTEK BAHASA INDONESIA KELAS VI SD

A.Mendengarkan
Pemirsa,
            Upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Kalibata Kembali diadakan sebagai acara tahunan.
            Presiden Susilo Bambang Yudoyono memimpin upacara peringatan Hari pahlawan 10 November di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, hari ini pukul 08.00 WIB.
Sehari sebelumnya,tanggal 9 November,Presiden Susilo Bambang Yudoyono menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 8 orang yang berjasa kepada negara dan bangsa.
            Sementara itu , di Surabaya diadakan Malam Renungan di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.
            Renungan dan upacara mengenang Hari Pahlawan 10 November ini digelar di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Surabaya, Jawa Timur. Malam renungan ini bertujuan untuk mengenang dan mengingat jasa para pahlawan.                        

B.Tulislah Pokok-pokok  yang telah kamu dengar tadi.
C.Membaca.
Formalin Pengawet Salah Sasaran
            Formalin banyak ditemukan dalam jajanan atau makanan .Padahal, formalin bukan bahan makanan, lho! Justru sebaliknya ,formalin merupakan larutan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia. Akan tetapi , karena formalin mengandung zat yang dapat membunuh jamur, banyak yang menggunakan formalin untuk mengawetkan makanan seperti  mi basah , tahu dan ikan.
            Tahukah kalian bahwa dalam dunia kedokteran ,biasanya formalin digunakan untuk mencuci alat-alat kedokteran. Selain itu,formalin juga digunakan untuk mengawetkan mayat.
            Makanan atau jajanan berformalin dapat merusak organ tubuh kita. Misalnya hati, Jantung, otak, limfa, pankreas dan ginjal. Formalin juga dapat menyebabkan berbagai Penyakit,seperti gangguan saluran pernafasan,muntah-muntah, pusing, rasa terbakar dalam waktu lama, kita dapat terkena kangker.
D. Berbicara.
Ceritakan kembali bacaan tadi


A.Mendengarkan
                                                Pendengar Setia Ceria FM.
            Teman-teman kita di SD Pondok Kacang III Tangerang, tentu sangat bersyukur Setelah sekolah mereka dibangun kembali menjadi lebih besar dan bagus.Mereka juga mendapat sumbangan buku untuk perpustakaan.
            Sumbangan tersebut sumbangan dari Bank Bumiputra. Sumbangan diserahkan oleh Direktur Utama Bank Bumiputra kepada Kepala SD Pondok Kacang III Tangerang pada hari Kamis, 15 Juli 2004, bertempat di Balai Sidang Senayan.

B.Menulis.
Tuliskanlah pokok-pokok berita siaran radio tadi

C.Membaca.
                                    Gara-gara Flu Burung
            Pertama kali mendengar berita flu burung,aku menganggapnya biasa-biasa saja, tidak berbahaya, dan tidak perlu dipikirkan.  Akan tetapi pikiranku berubah.   Ketika melihat anak kecil di Bali  terkena flu burung dan tidak dapat disembuhkan. Bahkan ada korban meninggal akibat  terkena flu burung.
            Dulu aku senang bercanda soal flu burung.misalnya dengan memberi tebak-  tebakan kepada Bunda.Flu burung bunyinya seperti apa? Bunda tidak tahu. bKemudian aku menjawab sambil ketawa. Bunyi flu burung begini ,hatch...cuit..cuit. nUjarku sambil meniru orang bersin. Sekarang setelah tahu bahwa wabah flu burung Itu berbahaya,saya tidak bercanda lagi
            Dari harike hari berita tentang flu burung semakin menyebar dan menghebohkan. Dalam hati ,aku kasihan dengan ayam – ayam yang dibakar hidup-hidup di Bali, yang kulihat fotonya di koran. Mengapa tidak dipotong lebih dahulu? Supaya lebih manusiawi.
            Aku juga kasihan kepada peternak yang ayam-ayamnya terkena flu burung. Sekarang juga banyak orang yang tidak mau makan telur ataupun daging ayam Peternak banyak yang mengalami kerugian.

D.Berbicara.
Ceritakan kembali bacaan tadi.
.

Tidak ada komentar:

Ads By Google

ADVERTISEMENT