Contoh Rincian Laporan EDS atau Evaluasi Diri Sekolah Bagian 1

Berikut ini adalah rincian contoh Laporan EDS.

KATA PENGANTAR

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh, Salam Sejahtera untuk kita semua.

Segala puja dan puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang maha Esa, atas nikmat kesehatan, rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan laporan Evaluasi Diri Sekolah SD....

Kami mengucapkan terimakasih kepada Kepala UPT PPD Kecamatan ...., Pengawas Sekolah Dasar, Pengawas PAI, Pengawas Dewan Sekolah SD ...., orang tua dan wali siswa, siswa siswi SD ...., Guru serta Karyawan yang telah berkenan berperan serta secara aktif dalam kegiatan sekolah sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam Laporan EDS (Evaluasi Diri Sekolah) ini mungkin masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi dan diperbaiki, diantaranya sarana dan prasarana, sumber daya manusia maupun kinerja dan kegiatan kegiatan yang kami rencanakan maupun yang telah kami laksanakan.

Demikian pengantar kami terhadap laporan Evaluasi Diri Sekolah SD ..., atas kekurangannya kami mohon bimbingan dan pembinaan, serta kritik dan saran yang membangun dengan harapan dapat meningkatkan kinerja serta kualitas sekolah kami.

Wssalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh, Salam Sejahtera untuk kita semua.

Yogyakarta, .....,....

Kepala Sekolah

.............


DAFTAR ISI LAPORAN EVALUASI DIRI SEKOLAH




PENDAHULUAN


Standar Sarana dan Prasarana

Apakah sarana sekolah sudah memadai ?
Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik ?


Standar Isi

Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi pserta didik?


Standar Proses

Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?
Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?
Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?
Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?
Apakah sekolah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik?
Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

Standar Penilaian Pendidikan

Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

Standar Kompetensi Lulusan

Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan ?
Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat?


Standar Pengelolaan

Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak ?
Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai ?
Apa dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar ?
Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid ?
Bagaimana cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagai para pendidik dan tenaga kependidikan ?
Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah ?

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi ?

Standar Pembiayaan
Bagaimana sekolah mengelola keuangan ?
Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?
Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

PENDAHULUAN

1.Identitas Sekolah : ........
Nama Sekolah : ........
Nomor Statistik Sekolah : ........
Alamat : ........

Nomor Telepon : ........

2.Identitas Kepala Sekolah
Nama : .........
Tempat, Tgl. Lahir : .........
Alamat : .........

Nomor Telepon / HP : ........

3.Jumlah Guru : ........

4.Jumlah murid : ........


5.VISI

TERWUJUDYA PESERTA YANG CERDAS, TERAMPIL DAN BERAKHLAK MULIA

MISI

1. Menanamkan kedisiplinan warga sekolah
2. Meningkatkan hasil belajar siswa dengan melaksanakan pembelajaran yang intensif.
3. Meningkatkan kegiatan ketrampilan siswa dalam pembelajaran
4. Menunmbuh kembangkan terhadap penghayatan dan pengamalan ibadah.
5. Menumbuh kembangkan kreatifitas melalui kegiatan ekstrakurikuler.


6.Program Unggulan

Membuat ketrampillan / kerajinan bathok
Pendidikan batik.
Dolanan anak
Masak – Makanan tradisional


7. Kondisi lingkungan sekolah

Terletak disisi Jalan Raya ..............., yang mempunyai gedung cukup pas – pasan, sehingga kami sulit untuk mengembangkan sarana dan prasarana yang sangat kami perlukan terutama ruang kelas karena kurang 4 lokal , perpustakaan tidak sesuai aturan, ruang UKS cukup sempit, ruang laborat sangat sempit, tidak mempunyai gudang, ruang TU tidak ada dan ruang ketrampilan tidak ada.

8. Ciri khusus :

Para siswa berasal dari orang tua yang tempat tinggalnya sangat berjauhan , sehingga murid – murid kami dapat keluar masuk sekolah.

Keadaan ekonomi sangat kurang dan pas – pasan.
Rintangan yang dihadapi dalam penyampaian prestasi adalah kurangnya dukungan bagi siswa dari orang tuanya, karema orang tuanya banyak yang bekerja di malam hari.

BAB I STANDAR SARANA DAN PRASARANA
( Dibuat dalam halaman satu lembaran terpisah )


1.STANDAR SARANA DAN PRASARANA

1.1. Apakah sarana sekolah sudah memadai?

Spesifikasi menurut standar sarana dan prasarana

Sekolah mematuhi standar terkait dengan sarana dan prasarana (ukuran ruangan, jumlah ruangan, dan persyaratan untuk sistem ventilasi, dll).

Sekolah mematuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam kelompok belajar.

Sekolah mematuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran


Indikator Pencapaian

................


Bukti-bukti prestasi sekolah

.................


Catatan mengenai ukuran ruangan, jumlah dan sarana prasarana

Ukuran kelompok belajar
Catatan peralatan dan sumber belajar
Catatan pengeluaran
Lainnya


Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Lahan Sekolah :
-Luas lahan 1350 m2
-Rasio luas lahan terhadap peserta didik 672 m2
-Bukti kepemilikan lahan berupa surat keterangan hak pakai

Bangunan Gedung
-Luas lantai 672 m2
-Rasio luas lantai terhadap peserta didik 2,4 m2
-Dilengkapi instalasi listrik dengan daya 2200 watt

Prasarana dan Sarana
1.Ruang Kelas :
•Banyaknya ruang kelas 8 ruang
•Banyaknya ruang kelas yang memenuhi rasio minimum (2 m2/peserta didik) 8 ruang
•Banyaknya ruang kelas yang tidak memenuhi rasio minimum (2 m2/peserta didik) 4 ruang
•Sarana ruang kelas yang tersedia 8, keterangan 4 ruang lainnya masih menggunakan ruang seadanya.

9.Ruang Sirkulasi -

10.Tempat Bermain / Berolahraga
•Tempat bermain berfungsi sebagai area bermain, berolah raga, pendidikan jasmani, upacara, dan kegiatan ekstra kurikuler
•Luas tempat bermain/berolah raga 120 m2.
•Rasio tempat bermain/berolahraga 0,4 m2/peserta didik

11.Ruang Tata Usaha (Urutan 6)( sudah jadi satu dengan ruang guru )
•Luas ruangan … m2
•Rasio luas ruangan …m2/petugas
•Sarana yang tersedia dalam ruang tata usaha …

12.Ruang Konseling (Urutan 8)
•Luas ruangan - m2
•Sarana yang tersedia dalam ruang konseling -

13.Ruang Organisasi Kesiswaan (Urutan 10)
•Luas ruangan - m2
•Sarana yang tersedia dalam ruang -


1.2.Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik?


Spesifikasi dalam standar sarana dan prasarana ?
Bangunan ?

Pemeliharaan bangunan dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali ?

Bangunan mudah, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk penyandang cacat .


Bukti-bukti prestasi sekolah


Catatan pengeluaran
Observasi
Pendapat peserta didik
Pendapat guru
Kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus


Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Pemeliharaan Bangunan.
Kami membuat pemelihaharaan : jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang
Kami melaksanakan program pemeliharaan … (catatan kegiatan pemeliharaan)
Kami memiliki program 7 K
Kami melaksanakan program 7 K ( sudah dilaksanakan)

Kondisi Bangunan
Kemudahan Akses ?
Jalan menuju sekolah ada ?
Sekolah kami mudah dijangkau

Keamanan ?
Sekolah kami memiliki pagar dan pintu gerbang ? Bangunan gedung dilengkapi dengan pemadam kebakaran ?
Sekolah kami tidak memiliki petugas keamanan

Kebersihan ?
Sekolah dalam keadaan bersih ?.
Sekolah memiliki tempat sampah yang cukup ?.
Sekolah kami memilki tempat pembuangan akhir yang diambil petugas PU

Keindahan
Keindahan terpelihara.
Sekolah memiliki taman yang terpelihara.
Sekolah kami rindang.

Kenyamanan
Suasana sekolah kami nyaman.


2.STANDAR ISI ( bersambung dan kami lanjutkan pada bagian 2 )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments