Contoh Pertanyaan trend yang diajukan dalam Langkah langkah Penyusunan Sillabus

Contoh Pertanyaan trend yang diajukan dalam Langkah langkah Penyusunan Sillabus

1. Mengkaji dan Menentukan Standar Kompetensi(SK) dan SKL

a. Apakah sudah menganalisis SK dengan tuntutan SKL satuan pendidikan, SKL Kelompok Mapel dan SKL mata pelajaran ?

b. Apakah sudah berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu/tingkat kesulitan materi?

c. Apakah sudah mengkaji keterkaitan antar standar kompetensi dalam mata pelajaran?

d. Apakah sudah mengkaji keterkaitan standar kompetensi antar mata pelajaran?


2. Mengkaji dan Menentukan Kompetensi Dasar (KD)

a. Apakah sudah mengkaji urutan KD berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dankarakteristik siswa.

b. Apakah sudah mengkaji keterkaitan antar Kompetensi dasar (KD)

c. Apakah sudah mengkaji keterkaitan Kompetensi Dasar (KD)antar mata pelajaran?




3. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran

a. Apakah sudah mempertimbangkan potensi peserta didik?

b. Apakah sudah mempertimbangkan dengan relevansi dan karakteristik daerah?

c. Apakah sudah mempertimbangkan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik?

d. Apakah sudah mempertimbangkan kebermanfaatan bagi peserta didik?

e. Apakah sudah mempertimbangkan struktur keilmuannya?

f. Apakah sudah mempertimbangkan aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran?

g. Apakah sudah mempertimbangkan relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan?

h. Apakah sudah mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia?



4. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi

a. Apakah setiap KD sudah dikembangkan menjadi beberapa indikator

b. Apakah setiap indikator sudah menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur

c. Apakah tingkat tahap pikir dalam indikator sudah lebih rendah atau setara dengan kata kerja dalam KD

d. Apakah dalam merumuskan indikator sudah berdasarkan prinsip pengembangan indikator antara lain Urgensi, Kontinuitas, Relevansi dan Kontekstual?

e. Apakah keseluruhan indikator dalam satu KD sudah merupakan tanda-tanda, perilaku, dan lain-lain untuk pencapaian kompetensi yang merupakan kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten?


5. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran

a. Apakah sudah berdasarkan kajian bahwa kegiatan pembelajaran yang dipilih bisa membantu guru dapat melaksanakan proses pembelajaran secara professional?

b. Apakah sudah berdasarkan kajian bahwa kegiatan pembelajaran yang diplih sudah memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan (TM, PT/PS, KMTT/PI) untuk mencapai kompetensi dasar yang sudah ditentukan ?

c. Apakah sudah berdasarkan kajian bahwa urutan kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran?

d. Apakah sudah berdasarkan kajian bahwa rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal? mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar peserta didik, yaitu kegiatan siswa dan materi?

e. Apakah sudah mencerminkan tuntutan standar proses, model pembelajaran dan Life Skills


6. Menentukan Jenis Penilaian

a. Apakah jenis penilaian yang dipilih sudah menilai ketercapaian indikator yang telah dirumuskan?

b. Apakah jenis penilaian yang dilakukan sudah menggunakan acuan kriteria?

c. Apakah penilaian yang digunakan sudah mencerminkan sistem penilaian yang berkelanjutan?

d. Apakah hasil penilaian bisa dianalisis untuk menentukan tindak lanjut?

e. Apakah jenis penilaian sudah sesuai dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam kegiatan pembelajaran?

f. Apakah setiap indikator sudah ditetapkan jenis penilaianya


7. Menentukan Alokasi Waktu

a. Apakah dalam penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar sudah didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar?

b. Apakah dalam menentukan alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus hanya merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam?



8.Menentukan Sumber Belajar

a. Apakah sumber belajar sudah bervariasi dapat berupa media cetak dan elektronik, nara sumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya?.

b. Penentuan sumber belajar sudah didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments