RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERKARAKTER
Nama Sekolah : SD UTAMA 1
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
Seni Musik : Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
Seni Tari : Mengekspresikan diri melalui karya seni tari .
Kompetensi Dasar :
1. PKn
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
2. IPS
Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
.3. IPA
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
4. Matematika
Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
5. Bahasa Indonesia
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
Menceritakan kegiatan sehari-hari
Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6. Seni Budaya Keterampilan.
Mengungkapkan perasaan yang dialami melalui perubahan tempo pada lagu dengan gerakan.
Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
Menangpai gerak alam semester dalam bentuk gerak tari
I. Tujuan Pembelajaran****:
Siswa dapat :
Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah.
Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah..
Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah
Mengeidentifikasi lingkungan alam
Mengidentifikasi lingkungan buatan
Menceritakan lingkunganalam sekitar.
Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.
Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga
Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya
Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat.
Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah
Membaca jam digital
Membuat gambar jam dan
menentukan letak jarum jam
Mengatur letak jarum jam
Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.
Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru
Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
Mendengarkan lagu.
Menyanyikan lagu
Menceritakan gambar berseri.
Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang.
Membaca teks dengan bersuara.
Meringkas isi bacaan.
Menyusun kalimat menjadi cerita.
Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
Menggunakan huruf capital.
Membedakan bunyi alam dan bautan.
Menyebutkan sumber bunyi alam.
Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan
Menjelaskan dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
Hidup gotong royong.
Dokumen pribadi dan keluarga
Peristiwa penting.
Manfaat dokumen.
Bagian utama tumbuhan dan hewan
Sifat benda
Perubahan wujud benda
Alat ukur waktu
Mendengarkan teks pendek.
Percakapan
Melengkapi kalimat.
Menulis pengalaman
Menulis kalimat dengan huruf indah
Gerakan meniru alam
III. Metoda Pembelajaran :
Ceramah
Diskusi.
Tanya jawab.
Demontrasi.
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Melalui penjelasan guru tentang waktu diharapakan siswa dapat membaca dan menunjukkan waktu tepat dan setengah
Guru membacakan pesan pendek diharapkan siswa dapat menceritakan kembali isi cerita tersebut dengan kalaimat sendiri
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 2 x 35 menit ( Matematika,IPS)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Melalui penjelasan guru, siswa dapat membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam.
Dengan penjelasan guru tentang pentingnya memelihara dokumen diri dan keluarga.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca jam digital dengan benar.
Mendengarkan dan menyanyikan lagu, menyusun kalimat berdasarkan gambar dengan kalimat sederhana.
Mendemontrasikan atau memperagakan percakapan dengan kalimat ajakan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( B. Indonesia, PKn )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Melalui penjelasan guru tentang ciri-ciri binatng di harapkan siswa depat menjawab teka-teki tumbuhan dan binatang.
Melalui penjelasan guru tentang hidup rukun siswa dapat menyebutkan contoh hidup rukun kemudian mendiskusikannya dengan teman sehingga dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Membaca teks dengan bersuara kemudian menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita teks tersebut.
Dengan penjelasan guru diharapkan siswa dapat memberikan contoh dokumen diri dan keluarga seperti raport, akte kelahiran, surat nikah.
Guru menjelaskan bagian-bagian utama tumbuhan dan hewan..
Membuat gambar jam serta menulis tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Menulis tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam .
Menceritakan dan meringkas isi bacaan.
Melalui percobaan dan pengamatan siswa dapat menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
Melalui penjelasan guru tentang bunyi alam dan buatan diharapkan siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan serta menyebutkan seumber bunyi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menggunakan jam dalam kegiatan sehari-hari.
Menyusun kalimat menjadi cerita yang runtut ditulis dalam bentuk tulisan yang indah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 2 x 35 menit (Matematika, IPS )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Melalui pengalaman dan pengamatan siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan oleh alam.
Melalui penjelasan guru tentang manfaat dan cara memelihara dokumen , merawat serta menjaga koleksi diharapkan siswa dapat mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Melalui pengalaman dan pengamatan siswa dapat membaca waktu yang dtunjukkan oleh alam .
Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda baca titik, dan bentuk huruf yang indah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit (B. Indonesia, PKn )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Menulis pengalam sendiri dengan menggunakn huruf tegak bersambung.
Menyususn kata menjadi kalimat .
Contoh : membaca – ayah – koran – sedang .
Ayah sedang membaca koran.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Melalui diskusi kelompok diharapkan siswa dapat mengidentifikasin lingkungan alam dan buatan serta menceritakan lingkungan sekitar.
membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Melalui penjelasan guru untuk mengelompokkan tumbuhan berdasarkan bunganya.
Menjelaskan tentang lama waktu kegiatan dalam salah satuan jam.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Membuat kalimat dengan menggunakan huruf kapital , dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain.
Mendiskusikan cara memelihara koleksi barang keluarga dan dokumen.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Menjelaskan tentang lama waktu kegiatan dalam satuan jam ( 1 jam = 60 menit , 1 menit = 60 detik )
Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung , memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
Gerakan tari meniru alam seperti pmemperagakan proses kembangnya tanaman.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Mendiskusikan bagian-bagian utama tumbuhan berdasarkan bunganya.
Siswa dapat memperagakan gerak tari sesuai dengan tingkat kesulitannya.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
Mengerjakan post tes
Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2 Penerbit Buku relevan
Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD , Penerbit Buku relevanPratama
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2 Penerbit Buku relevan.
Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
Alat Peraga :
Kartu bilangan
Contoh benda cair, benda padat.
Gambar tanaman dan binatang
Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1. PKn :
Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah.
Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah..
Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah
Mengeidentifikasi lingkungan alam
Mengidentifikasi lingkungan buatan
Menceritakan lingkunganalam sekitar.
2. IPS :
Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.
Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga
3. IPA :
Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya
4. Matematika :
Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat.
Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah
Membaca jam digital
Membuat gambar jam dan
menentukan letak jarum jam
Mengatur letak jarum jam
Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.
5. Bahasa Indonesia :
Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru
Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
Mendengarkan lagu.
Menyanyikan lagu
Menceritakan gambar berseri.
Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang.
Membaca teks dengan bersuara.
Meringkas isi bacaan.
Menyusun kalimat menjadi cerita.
Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
Menggunakan huruf capital.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
Membedakan bunyi alam dan bautan.
Menyebutkan sumber bunyi alam.
Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan
Menjelaskan dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.
Tes lisan Tes tertulis
uraian
isian 1. PKn :
Sebutkanlah contoh hidup rukun di rumah.
Sebutkanlah contoh hidup rukun di sekolah..
Sebutkanlah contoh saling berbagi di rumah
Jelaskanlah lingkungan alam
Jelaskanlah lingkungan buatan
Ceritakanlah lingkunganalam sekitar.
2. IPS :
Jelaskanlah pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.
Ceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga
3. IPA :
Tunjukkan bagian utama pada tumbuhan
Keglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya
4. Matematika :
Bacakanlah jam yang menunjukkan waktu tepat.
Bacakanlah jam yang menunjukkan waktu setengah
Bacakanlah jam digital
Membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam
Tuliskanlah tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
Gunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
Tunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
Jelaskanlah lama waktu kegiatan dalam satuan jam.
5. Bahasa Indonesia :
Jawablah pesan teks pendek yang dibacakan guru
Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
Nyanyikan lagu
Ceritakan gambar berseri.
Jelaskanlah cirri-ciri tumbuhan dan binatang
Jawablah teka-teki tentang tumbuhan dan binatang.
Bacakanlah teks dengan bersuara.
Ringkaslah isi bacaan.
Menyusun kalimat menjadi cerita.
Tuliskanlah kalimat dengan bentuk huruf yang indah
Salinlah kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
Gunakan huruf capital.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
Bedakan bunyi alam dan bautan.
Sebutkan sumber bunyi alam.
Kelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan
Jelaskanlah dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.
LKS
Lmbar observasi.
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota :
................................
...............................
...............................
...............................
...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No Peatalatan menggunakan listrik Peralatan tidak menggunakan listrik
1
2
3
4
5
Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda ? untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda ?
Pakaian
Celana
Handuk
TV
Kasur
Topi
Lemari es
Komputer
Tas
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1
2. Performansi
No. Aspek Kriteria Skor
1.
2. Kerjasama
Partisipasi * bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif 4
2
1
4
2
1
3. Lembar Penilaian
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai
Kerjasama Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Comments