Contoh Beberapa RPP Tematik kelas 3 Sekolah Dasar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Hari / Tanggal : Kamis 14 Juli 2011
Kelas / Semester : III / I
Tema : Diri Sendiri
Alokasi Waktu : I x Pertemuan ( x 35 Menit
Minggu ke : I


I. Standar Kompetensi
II. Kompetensi Dasar
1. Menentukan letak bilangan pada garis bilangan ( Matematika)
2. Menceritakan lingkungan alam dan lingkungan buatan di sekitar rumah dan sekolah (IPS).
3. Mendengarkan dan memahami wacana percakapan ( Bahasa Jawa ).

III. Indikator
1. Menghitung secara urut ( Matematika ).
2. Mengidentifikasi dan menceritakan lingkungan alam disekitar rumah ( IPS ).
3. Memahami wacana percakapan ( Bahasa Jawa ).

IV. Tujuan
1. Siswa dapat menentukan letak bilangan pada garis bilangan ( Matematika)
2. Siswa dapat menghitung secara urut bilangan tiga angka.
3. Siswa dapat menceritakan lingkungan alam buatan di sekitar rumah dan sekolah ( IPS ).
4. Siswa dapat menjelaskan lingkungan buatan dan lingkungan alam ( IPS ).
5. Siswa dapat mendengarkan dan memahami wacara percakapan ( Bahasa Jawa ).
V. Materi Pokok
 Mengurutkan bilangan
 Lingkungan alam dan lingkungan buatan
 Wacana percakapan
VI. Saran dan Alat
 Kartu bilangan, label bilangan
 Buku – buku yang relevan
VII. Strategi Pembelajaran
 Pendekatan: Pakem
 Metode: - Ceramah
- Pemberian tugas
VIII. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Appersepsi
- Tanya jawab urutan kegiatan anak setelah bangun tidur
B. Kegiatan Inti
- Penjelasan dari guru tentang bilangan, membilang secara urut
- Siswa menulis urutan bilangan tiga angka
- Siswa mengerjakan
C. Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
- Pemberian tugas dan PR.
IX. Penilaian
- Penilaian tertulis
- Portofolio

Srumbung, 11 Juli 2011


Lembar Kerja
I. Sebutkan urutan bilangan di bawah ini?
1. 101, 102, 103, …., …., ….
2. 120, 121, …., …., 124,…., …., …., …., ….
3. 215, ….,…. , 217,…., …., 220,…, …, …, …
4. 231,…, …, 234, 235, …., …., ….
5. 310, ….., …., ….., …., …, 316,…, …
II. Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Pemandangan alam biasanya terdapat di daerah …
2. Sungai termasuk jenis kenampakan….
3. Daerah dataran tinggi dimanfaatkan sebagai …
4. Di daerah pantai udaranya ….
5. Contoh kenampkan alam buatan di sekolah adalah…
III. Wangsulana pitakon iki kanthi patitis!
1. Apa sing dikarepake sekolah sehat ?
Wangsulan
2. Apa kang bisa kanggo kuncining kasarana?
Wangsulan
3. Terangno tegese paribasan, puput sakdurunge benjut?
Wangsulan
4. Ing ngendi kudu padha gelem nindakaken resikan?
Wangsulan
5. Kapan kudu nyikat untu, lan ngango apa?
Wangsulan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Hari / Tanggal : Jum’at, 15 Juli 2011
Kelas / Semester : III / I
Tema : Diri Sendiri
Alokasi Waktu : I x Pertemuan ( 5 x 35 Menit
Minggu ke : I

I. Standar Kompetensi
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
2. Mengapresisasi Seni Musik
3. Mengapresiasi Bahasa Inggris
II. Kompetensi Dasar
1. Mengenalkan makna satu nusa dan satu bahasa (Pkn)
2. Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri (SBK)
3. Mengidentifikasi simbol pada nada dalam lagu sederhana (Seni Musik)

III. Indikator
1. Mengidentifikasi keragaman budaya bangsa (Pkn)
2. Mengidentifikasi adat/kebiasaan di masyarakat sekitar
IV. Tujuan
1. Siswa dapat menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman (Pkn)
2. Siswa dpaat mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri (SBK)
3. Mengidentifikasi sebagai simbol nada dalam lagu sederhana

V. Materi Pokok
- Makna persatuan
- Obyek karya yang memiliki makna simbol seni rupa
- Simbol dari berbagai musik
VI. Saran dan Alat
- Buku – buku yang relevan
- Gambar garuda pancasila

VII. Strategi Pembelajaran
- Pendekatan : Pakem
- Metode : - Ceramah
- Pemberian tugas

VIII. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Appersepsi
- Berdoa
- Menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
B. Kegiatan Inti
- Penjelasan dari guru tentang pentingnya persatuan dalam keragaman
- Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru
- Siswa menyimpulkan bahwa pentingya penjelasan guru
- Siswa menyimpulkan bahwa pentingya persatuan dan kesatuan dalam keragaman
- Guruu menjelskan cara menggambar imaninatif dan membaca nada no balo
- Siswa memperhatikan penjelasan guru
- Siswa memperagakan cara membaca not balok
- Siswa menyimpulkan cara menggambar imajinatif dan cara membaca not balok
C. Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
- berdoa

IX. Penilaian
- Pemberian tugas
- Portofolio


Srumbung, 11 Juli 2011


Lembar kerja
Isilah tabel di bawah ini
Nama Kegiatan Tahun Pelkasanaan Isi Sumpah Pemuda
Konggres Pemuda II 1928

Latihan Ulangan Harian
Nyanyikan lagu wajib “Merah Putih” ciptaan Ibu Sud !



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Hari / Tanggal : Senin, 18 Juli 2011
Kelas / Semester : III/1
Tema : Diri Sendiri
Alokasi Waktu : 1x Pertemuan (6x 35 menit)
Minggu ke : 1

I. Standar Kompetensi
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan ( bahasa Indonesia ).
2. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka (Matematika).
3. Memahamai ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal –hal yang mempengaruhi perubhan pada makhluk hidup (IPA).
II. Kompetensi Dasar
1. Melakukan sesuatu sesuai perintah ( Bahasa Indonesia )
2. Menentukan letak bilangan pada garis bilangan(Matematika).
3. Mengidentifikasi ciri – ciri dan keabutuhan makhluk hidup (IPA).

III. Indikator
1. Mendengarkan pembacaan petunjuk tentang cara melakukan sesuatu ( Bahasa Indonesia ).
2. Membandingkan dan mengurutkan antar bilangan(Matematika).
3. Mengidentifikasi ciri – ciri makhluk hidup (IPA).
IV. Tujuan
1. Siswa dapat mendengarkan petunjuk cara melakukan sesuatu (Bahasa Indonesia).
2. Siswa dapat menjelaskan cara melakukan sesuatu.
3. Siswa dapat menghitung seara urut bilangan pada garis bilangn ( Matematika).
4. Siswa dapat membadingkan dan mengurutkan antar abilangan 305, 310, 315,…
5. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup (IPA).
6. Siswa dapat menyebutkan ciri – ciri makhluk hidup (IPA).

V. Materi Pokok
- Teks berisi petunjuk
- Mengurutkan bilangan
- Ciri - ciri dan kebutuhan makhluk hidup
VI. Saran dan Alat
- Gambar anak mandi
- Buku – yang relevan
VII. Strategi Pembelajaran
- Pendekatan : Pakem
 Metode : - Ceramah
- Diskusi, pemberian tugas




VIII. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Appersepsi
- Menyanyi lagu “Bangun Tidur”
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan tentang cara menjelaskan ruangan tempat tidur sendiri, ruangan kelas dan alat yang digunakan.
- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara – cara membersihkan ruangan kelas.
- Siswa menulis cara – cara membersihkan ruangan kelas.
- Guru menjelaskan tentang perbandingan bilangan tiga angka dan menentukan letak urutan biilangan tiga angka.
- Siswa dapat memahami penjelasan guru
- Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru
- Guru menjelaskan ciri - ciri makhlu hidup
- Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru tentang ciri - ciri makhluk hidup.
- Siswa mencatat penjelasan guru
- Siswa mennyimpulkan pentingnya mengetuahui ciri-ciri makhluk hidup.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa mencatat kesimpulan – kesimpulan
- Pemberian tugas kelompok
IX. Penilaian
- Pengamatan
- Lisan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



Ilyas Suharto,M.Pd
NIP.19572101979121006


LEMBAR KERJA
I. Tulislah cara – cara membersihkan ruangan kelas !
Seperti :
Lantai kotor
Jendela
Papan tulis
Meja dan kursi
II. Tulislah bilangan yang sesuai pada garis bilangan
1. 0 1 2 … … …. …. … 8 9
2. 25 26 … … … …. … 32 …. …
3. 50 … … 53 … … … … 58 ….
4. 75 …. … … … 80 … … 83 ….
5. 91 …. …. 94 … .. 97 … … ….

III. Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Untuk apa makhluk hidup membutuhkan udara ?
2. Dimana tempat hidup ikan?
3. Berapa kaki hewan serangga?
4. Pohon kelapa berakar apa?
5. Dengan apakah cacing bernapas?

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Hari / Tanggal : Selasa, 19 Juli 2011
Kelas / Semester : III / I
Tema : Diri Sendiri
Alokasi Waktu : I x Pertemuan ( 7 x 35 Menit )
Minggu ke : I

I. Standar Kompetensi
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka ( Matematika)
2. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan certia anak yang dilisankan ( Bahasa Indonesia).
3. Memahami ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal – hal yang membperngaruhi perubahan pada makhluk hidup ( IPA ).
II. Kompetensi Dasar
1. Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.
2. Melakukan sesuatu sesuai perintah.
3. Mengidentifikasi ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
III. Indikator
1. Menentukan sebuah bilangan yang terleteak diantara dua bialangan ( Matematika)
2. Menganngapi penjelasan secara verbal dengan sungguh – sungguh ( Bahasa Indonesia ).
3. Mengidentifikasi ciri – ciri makhluk hidup ( IPA ).
IV. Tujuan
1. Siswa dapat menentukan sebuah bilangan yang terletak diantara dua bilangan 206, 211, ….
2. Siswa dapat menanggapi penjelasan secara verbal dengan sungguh – sungguh.
3. Siswa dapat menjelaskan guna alat-alat untuk kebersihan.
4. Siswa dapat mengidentifikasi ciri – ciri makhluk hidup.
V. Materi Pokok
- Mengurutkan bilangan
- Teks berisi petunjuk
- Ciri – ciri dan kebutuhan makhluk hidup
VI. Saran dan Alat
- Kartu bilangan
- Buku – buku yang relevan
VII. Strategi Pembelajaran
- Pendekatan : Pakem
- Metode : - Ceramah
 Diskusi
 Pemberian Tugas

VIII. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Appersepsi
- Tanya jawab tentang binatang kesayangan di rumah
B. Kegiatan inti
- Guru menjelaskan abilangan yang terleteak diantara dua bilangan.
- Siswa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru
- Siswa mengerjakan soal dari LKS
- Guru menjelaskan tentang cara membersihkan ruangan kelas dan alat yang digunakan.
- Siswa memeperhatikan penjelasan guru tentang cara cara membersihkan rubangan kelas
- Siswa dapat mempraktekkan cara – cara membersihkan ruangan kelas
- Guru menjelaskan tentang makhluk hdiup antara tumbuhan, manusia dan hewan
- Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hewan , manusia dan tumbuhan.
- Siswa mencatat perbedaaan makhluk hidup
- Siswa menjawab pertanyaan guru
C. Kegiatan Akhir
- Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
- Siswa mencatat hal – hal yang penting.
IX. Penilaian
- Penampilan : mengerjakan soal tertulis
- Lisan : menjawab pertanyaan.


Srumbung, 11 Juli 2011



LEMBAR JAWAB
I. Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Tentukan berisan bilangan antara 330 sampai 340 !
2. Tentukan barisan bilangan lebih besar dari 271 dan lebih kecil dari 277!
3. Bilangan berpakah antara 298 dan 300?
4. 105 110 115 120 125 130 135 140 145 150
Tentukan pola barisan pada garis bilangan di atas!
5. 225, 230, 235,240, 245, 250. Buatalah garis bilangan dengan barisan bilangan tersebut.
II. Buatlah tabel alat – alat di bawah ini beserta kegunaannya
Sapu
Kain pel
Kreolin
Kemonceng
Detergen sabun
III. Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Untuk apa makhlu hidup membutuhkan udara?
2. Dimana tempat hidup ikan?
3. Dimana tempat hidup katak?
4. Warna apa yang terkandung dalam kunyit?
5. Dimanakah pohon teratai hidup?


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Hari / Tanggal : Rabu, 20 Juli 2011
Kelas / Semester : III / I
Tema : Diri Sendiri
Alokasi Waktu : I x Pertemuan ( 7 x 35 Menit )
Minggu ke : I

I. Standar Kompetensi
2. Mengungkapkan pikiran , perasaan , pengalaman , dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggpan / Sarana ( Bahasa Indonesia )
II. Kompetensi Dasar
2.1 menceritakan pengalaman yang mengesankan dentan menggukan kalimat yang runtut dan mudah dipahami ( Bahasa Indonesia )
III. Indikator
1. Mendengarkan cerita tentang pengalamn
2. Menlulis pengalaman yang mengesankan ke dalam 5 sampai 10 kalimat.
IV. Tujuan
1. Siswa dapat mendengarkan cerita tentang pengalaman
2. Siswa dapat menjawab pertanaan isi cerita.
3. Siswa dapat menulis pengalaman yang mengesankan ke dalam 5 kalimat.
V. Materi Pokok
- Teks cerita tentan pengalaman, pertanyaan isi bacaan.
VI. Saran dan Alat
- Buku – buku yang relevan
- Buku Bahasa Indonesia Kelas 3
VII. Strategi Pembelajaran
- Pendekatan : Pakem
- Metode : - Ceramah
 Pemberian tugas
VIII. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- berdoa
- Appersepsi
- Tanya jawab ketika liburan
B. Kegiatan Inti
- Guru bercerita pengalamannya semasa kecil
- Siswa memperhatikan dan mendengarkan cerita guru
- Siswa menyimpulkan isi cerita guru
- Siswa bertanaya jawab isi cerita
- Siswa menulis pengalamannya selama liburan.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa mencatat hal – hal yang penting
- Pemberian tugas
IX. Penilaian
- Portofolio
- Pengamatan


Srumbung, 11 Juli 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments